Dikbud Kepahiang Ajak Pendidik Dukung Merdeka Belajar

Dikbud Kepahiang Ajak   Pendidik Dukung Merdeka Belajar

Logo kepahiang--

 

KEPAHIANG, RADARBENGKULUONLINE.COM - Menindaklanjuti Program Merdeka Belajar dari Kementerian Pendidikan dan Riset Tekhnologi dalam rangka pelaksanaan program merdeka belajar, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kepahiang menyusun tim Program Manajemen Office (PMO).

''Kegiatan ini telah dilaksanakan,'' demikian disampaikan Kadis Dikbud Kepahiang saat akan melakukan monitoring pelaksanaan guru penggerak di Kabupaten Kepahiang, kemarin.

Kadis Dikbud Kepahiang, Nining Faweli Pasju, S.Pt, MM menyampaikan, Program Merdeka Belajar melaksanakan pendidikan terkait Calon Guru Penggerak, Calon pengajar praktik dan Kepala Sekolah Penggerak, Tim PMO yang telah bekerja selama ini selalu melakukan rapat koordinasi (rakor) dengan Balai Guru Penggerak Provinsi Bengkulu terkait progres setiap bulannya secara periodik.

"Program ini menjadi syarat bagi guru- guru untuk menjadi Kasek dan tenaga pendidik yang telah memiliki sertifikat guru penggerak. Ke depannya, merekalah yang diprioritaskan menjadi Kepala Sekolah, ” ujar Kadis.

Selain itu, Tim ini akan tetap bekerja, sehingga program merdeka belajar dapat berkesinambungan ditahun tahun selanjutnya. Semua guru di Kabupaten Kepahiang harus menjadi profesional dengan memiliki semua karakteristik dan kemampuan guru secara totalitas.

BACA JUGA:Arus Lalu Lintas Tol Bengkulu - Taba Penanjung Sudah Mulai Padat

“Selain harus memiliki semua karakteristik guru yang baik, guru penggerak juga harus memiliki kemauan untuk melakukan perubahan dan memberi dampak yang baik bagi guru lainnya, serta berkemauan untuk mendorong tumbuh kembang murid secara holistik sesuai dengan profil Pelajar Pancasila. Mereka harus dapat menjadi agen teladan dan obor perubahan baik di dalam dan di luar unit pendidikannya,” tutur Nining.

Ia menambahkan, program guru penggerak berbentuk pelatihan bagi guru, pelatih, kepala sekolah, dan pengawas sekolah bertujuan untuk menghasilkan bibit-bibit unggul pemimpin Indonesia di masa yang akan datang.

BACA JUGA:Irjen Pol Armed Wijaya Jabat Kapolda Bengkulu

“Generasi calon pemimpin Indonesia diharapkan dapat terwujud dengan memiliki tujuh karakteristik Profil Pelajar Pancasila. Yakni mandiri, beriman dan bertakwa pada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, kreatif, gotong royong, berkebhinnekaan global, dan bernalar kritis."

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: