Ingin Turun Berat Badan di 2023, Kurangi Makanan Ini

Ingin Turun Berat Badan di 2023, Kurangi Makanan Ini

Lemat yang berlebih ditubuh -IST-

BENGKULU, RADARBENGKULU, DISWAY.ID - Persoalan berat badan menjadi permasalahan semua kalangan dan semua usia. Oleh karena itu, jika kamu berniat ingin menurunkan berat badan pada 2023 ini, silahkan dikurangi makan daging olahan, kentang olahan, Donat, Eskrim dan minuman yang manis yang banyak mengandung gula.
Berikut makanan yang perlu kamu hindari berdasarkan hasil studi dan penelitian para pakar kesehatan.

BACA JUGA:Gita Gama Raniputera Dilantik Jadi Kadiskominfo Kota
Berikut makanan yang perlu kamu kurangi jika kamu ingin turun berat badan di tahun 2023.
1. Kurangi makanan daging deli, bacon dan sosis, stik daging dan produk olahan hewani lainnya. Studi jurnal BMC Research Notes menyimpulkan, asupan daging olahan berhubungan langsung dengan peningkatan lemak perut dan obesitas sentral. Obesitas sentral didefinisikan sebagai indeks massa tubuh (BMI) yang lebih dari 30 kilogram/meter persegi. Serta ukuran lingkar pinggang sekitar 101 sentimeter (pria) dan 87 sentimeter (wanita). Peserta yang melaporkan makan daging olahan paling banyak mengalami peningkatan risiko obesitas sentral sebesar 22 persen. Hasil itu dibandingkan dengan peserta yang makan daging olahan paling sedikit.

BACA JUGA:Tutup Tahun 2022, Ratusan Warga Kelurahan Muara Dua Zikir dan Doa Bersama

2. Kurangi makanan produk olahan kentang. Studi dalam New England Journal of Medicine yang melibatkan lebih dari 120.000 wanita paruh baya. Dalam studi tersebut, terungkap kentang goreng dan produk kentang olahan lainnya sangat berhubungan dengan penambahan berat badan. Studi yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition menemukan, individu yang melaporkan makan kentang goreng dan keripik kentang berisiko lebih tinggi terkena diabetes dan penyakit penyerta lainnya, bahkan kematian dini. Temuan tersebut dibandingkan dengan peserta yang melaporkan makan lebih sedikit makanan berbasis kentang dan produk kentang goreng. Kentang goreng dan keripik kentang mengandung lebih banyak kalori per porsi daripada kebanyakan makanan lainnya. Hanya saja para peneliti mengidentifikasi bahwa makanan kaya nutrisi yang lebih alami dikaitkan dengan kenaikan berat badan yang lebih sedikit. Makanan ini termasuk buah-buahan dan sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan, dan yogurt.

BACA JUGA:Empat Hal Ini Patut Dijadikan Bahan Refleksi Kaum Muslimin Jelang Tahun Baru 2023

3. Kurangi konsumsi Donat. Sebab donat kaya akan tepung halus dan tambahan gula serta rendah serat. Karena diolah dengan cara digoreng, donat menjadi sangat tinggi kalori. Makanan yang dikonsumsi saat sarapan membantu mengatur nafsu makan dan hormon lapar sepanjang hari. Satu studi dalam American Journal of Clinical Nutrition menemukan, ketika wanita meningkatkan asupan protein harian dari 15 persen menjadi 30 persen dari kalori harian mereka, itu menyebabkan penurunan berat badan yang lebih berkelanjutan.

4. Es krim. Kombinasi gula dan lemak dalam es krim inilah yang membuat es krim begitu nikmat dan sangat diidamkan, tapi memiliki resiko obesitas.

5. Minuman manis seperti boba atau es kopi susu dengan gula aren memang menyegarkan. Namun, penting untuk diperhatikan agar kita tak mengonsumsi gula harian berlebih. Studi terbaru di Nature Review Endocrinology mendapatkan bukti kuat dan mengungkapkan bahwa minuman manis dikaitkan dengan penambahan berat badan, diabetes tipe 2, penyakit kardiovaskular, dan beberapa jenis kanker. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: