Pastikan Saldo E Tol Kamu Cukup, 12 Januari 2023 Mulai Berbayar

Pastikan Saldo E Tol Kamu Cukup, 12 Januari 2023 Mulai Berbayar

Jalan Tol Bengkulu -Taba Penanjung akan berlakukan tarif resmi mulai 12 Januari 2023-iwan-

 

BENGKULU, RADARBENGKULUONLINE.COM – Ini informasi terbaru bagi pengguna jalan Tol Bengkulu-Taba Penanjung.

Menyusul Surat Keputusan (SK) Menteri PUPR Nomor 1482/KPTS/M/2022 tentang penetapan tarif Jalan Tol Bengkulu – Taba Penanjung dan Badan Pengatur Jalan Tol  Nomor BM.07.02-P/956 tentang Pengoperasian Jalan Tol Lubuk Linggau – Curup - Bengkulu  Seksi Bengkulu – Taba Penanjung, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) selaku  pengelola secara resmi menginformasikan bahwa jalan tol ini akan mulai diberlakukan tarif  pada hari Kamis, 12 Januari 2023 Pukul 00.00 WIB mendatang.   

Menurut Direktur Operasi III Hutama Karya, Koentjoro, bahwa Hutama Karya telah mengoperasikan  tanpa tarif atau belum berbayar selama hampir sebulan menyusul sosialisasi secara masif sejak  tanggal 23 Desember 2022 lalu kepada pengguna jalan tol melalui berbagai kanal komunikasi.  Baik di media sosial, media luar ruang seperti spanduk, baliho, VMS, hingga media  konvensional melalui siaran pers perusahaan dan iklan radio. 

“Mengingat ini merupakan tol perdana di Bengkulu, kami mengimbau agar pengguna jalan  memastikan kecukupan saldo uang elektronik sebelum melintasi jalan tol untuk menghindari  penumpukan antrean di gerbang tol,” ujar Koentjoro,  

Lebih lanjut Koentjoro mengatakan,  bahwa pada Kamis (05/01) telah dilakukan Focus Group  Discussion (FGD) bersama dengan para stakeholder, regulator dan akademisi terkait dengan  penetapan tarif tol Bengkulu – Taba Penanjung.

BACA JUGA:Resmi, Ini Dia Tarif Jalan TOL Bengkulu -Taba Penanjung, Berlaku 12 Januari 2023

“Jalan tol ini merupakan investasi, sehingga pemberlakuan tarif ini dilakukan sebagai  pengembalian investasi, pemeliharaan dan pengembangan jalan tol yang dioperasikan,” tutup  Koentjoro.

Berdasarkan SK Menteri PUPR terkait dengan penetapan tarif tol tersebut, berikut besaran tarif 

pada Tol Bengkulu – Taba Penanjung: 

 

Gol   I   22.000

Gol  II   33.000

Gol III   33.000

Gol IV   44.000

Gol  V   44.000

 

Sedangkan untuk kondisi terkini jalan tol, ia menghimbau kepada seluruh pengguna jalan agar  mematuhi ketentuan dan tata tertib yang berlaku di jalan tol. Salah satunya dengan  menggunakan satu kartu Uang Elektronik (UE) hanya untuk satu kendaraan serta memastikan  kecukupan saldo UE sebelum memasuki gerbang tol.

Apabila pengguna jalan lupa untuk  mengisi saldo UE, paparnya, juga dapat menggunakan aplikasi HK Toll Apps yang dimiliki oleh Hutama  Karya. Dimana terdapat fitur Cek Saldo UE dan juga dapat melakukan Top up saldo UE. 

 BACA JUGA:Bebaskan Lahan Lapangan Terbang, Pemda Bengkulu Selatan Minta Bantuan Presiden

Ia juga terus mengimbau kepada pengguna jalan tol untuk berkendara dengan  kecepatan minimum dan maksimum sesuai yang dipersyaratkan. 

Kemudian, tidak menggunakan bahu  jalan, kecuali dalam keadaan darurat. Segera beristirahat apabila merasa mengantuk di Rest  Area terdekat serta untuk selalu mematuhi protokol kesehatan yang berlaku dimanapun berada. 

Apabila pengguna jalan tol mengalami atau melihat tindak kejahatan yang ada di jalan tol  maupun rest area agar segera melapor ke Call Centre masing-masing Cabang Tol. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: