Bunga Rafflesia Mekar di Kebun Sawit, Ayoo Abadikan Sebelum Layu

Bunga Rafflesia Mekar di Kebun Sawit, Ayoo Abadikan Sebelum Layu

Sekuntum bunga Rafflesia Arnoldi mekar sempurna di kawasan hutan gunung batu Desa Sekayun-Agus-

BENTENG, RADARBENGKULU,DISWAY.ID - Ditemukan bunga Rafflesia Arnoldi mekar sempurna di kawasan hutan gunung batu di Desa Sekayun, Kecamatan Bang Haji, Kabupaten Bengkulu Tengah. Sekuntum bunga Rafflesia Arnoldi tersebut mekar sempurna dan dapat disaksikan hingga 4-5 hari kedepan.

Bagi kamu yang belum pernah melihat dari dekat bunga rafflesia mekar ini, silahkan datang ke lokasi yang tidak jauh dari pusat Kota Bengkulu. Jarak tempuh ke lokasi tempat mekarnya bunga tersebut sekitar 31 menit atau sekitar 6 km menggunakan sepeda motor.

"Sudah mekar beberapa hari yang lalu. Pengunjung bisa menikmati keunikan bunga itu sampai 4-5 hari ke depan. Adik saya yang pertamakali menemukannya dikawasan Divisi II perkebunan sawit PT.RAA," kata Mito, salah seorang warga setempat, Rabu (11/1).   

BACA JUGA:Membanggakan, Siswa SMP Al-Azhar Bengkulu Sabet 8 Medali di Bandung Lautan Api International Championship 4
Menurut Mito, bunga tersebut dijaga sekelompok warga desa terdekat di kawasan hutan itu. Penjagaan tersebut penting, sebab bunga langka itu sering dirusak bahkan dicuri oleh orang yang tidak bertanggung jawab. "Ini pertamakalinya bunga Rafflesia ditemukan disini, makanya dijaga oleh warga sekitar, takutnya di  rusak oleh orang usil," jelasnya.

Selain di Sekayun, Bunga Rafflesia sering ditemukan mekar di hutan Cagar Alam Taba Penanjung dan hutan Lindung Bukit Daun. "Sebagian besar hutan Bengkulu merupakan habitat Rafflesia. Tapi di Taba Penanjung bunga ini paling sering ditemukan mekar," terangnya. "Ayo saksikan keindahan dan kesegaran bunga yang hanya mampu bertahan hingga 4-5 hari ke depan," kata dia.

Sebelumnya, awal tahun 2023 lalu Bunga Rafflesia yang mekar sempurna di Kabupaten Bengkulu Selatan. Saat berita ini dirilis, bunga Rafflesia ini nyaris mekar sempurna. Empat kelopak sudah mengembang, sisa satu kelopak lagi. Bunga Rafflesia jenis bengkuluensis ini akan mekar sempurna. Makanya jangan sampai ketinggalan untuk menyaksikan bunga langka ini mekar sempurna.

BACA JUGA:BRI Ikut Dongkrak Pemulihan Pariwisata Pasca Pandemi

Pasalnya, bunga yang menempel di inang ini, mekarnya hanya bertahan sekitar 7 hari, kemudian layu.
Tidak akan rugi berkunjung ke lokasi bunga rafflesia bengkuluensis yang sedang mekar ini. Sebab, lokasinya dekat dengan objek wisata menarik lainnya. Sekali "mendayung" dua tiga wisata dikunjungi.

Akhir pekan ini - Sabtu dan Minggu, 7 - 8 Januari 2023 - bunga rafflesia itu masih akan mekar sempurna. Makanya, jangan sampai dilewatkan.
Lokasinya di dusun Pulau Lebar, Desa Kayu Ajaran, Kecamatan Ulu Manna, Kabupaten Bengkulu Selatan. Tepatnya di hutan yang masih terawat tak jauh dari jalan lintas Manna - Pagar Alam. "Iya, mekar lagi. Ini bunga kedua mekar di bulan Januari 2023," kata Rahmad, Anggota Komunitas Peduli Puspa Langka (KPPL) Bengkulu Selatan, sekaligus pemilik lahan tempat bunga rafflesia tumbuh di Pulau Lebar.

BACA JUGA:Waduh, Dua Kabupaten Ini Wajib Rekam e KTP Masih Rendah, Padahal DP4nya 86.524 Jiwa Potensial Pemilih Pemula
Kata Rahmad, Lokasi buang rafflesia mekar cukup dekat dari jalan raya. Dapat ditempuh dengan berjalan kaki sekitar 5 menit. "Kalau lokasinya sebelum air terjun Geluguran Ulu Manna. Paling sekitar setengah kilo. Selain bisa lihat bunga rafflesia, sekalian bisa ke air terjun Luguran, bisa juga lanjut ke desa wisata Air Tenam," ajaknya.

Meski tumbuh dan mekar di lahan pribadi, Rahmad bersama komunitasnya tidak mematok biaya tiket masuk habitat Puspa langka ini. "Tidak ada biaya. Tapi ada yang sering ngasih sukarela. Lumayan untuk minum dan makan kami yang jaga. Kami bisa mengenalkan bunga rafflesia secara langsung kepada masyarakat kami sudah senang. Jadi tidak perlu khawatir soal tiket," ujarnya. (ags/sam)



 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: