Begini Tutorial Cara Makan Gulai Liling Ala Bupati Gusnan Mulyadi

Begini Tutorial Cara Makan Gulai Liling Ala Bupati Gusnan Mulyadi

Tangkapan Layar, Bupati Gusnan saat memperagakan cara mencucup liling (siput)-ist-

BENGKULU, RADARBENGKULU, DISWAY.ID – Gulai Liling (Siput sungai) sangat populer dikalangan masyarakat melayu, yang meliputi, Seluma, Manna, Kedurang, Kaur, Pagar Alam, Lahat, Lintang, (Besemah, Pasmah, Serawai dan sekitarnya). Hanya saja proses untuk membuat gulai liling ini harus memiliki pengetahuan khusus.

 

Sebab, liling yang sudah dibersihkan harus dipotong bagian belakang cangkangnya, agar memudahkan dalam mencucup untuk mengambil isi dalamnya atau dagingnya. Setelah itu racik bumbu santan lengkap, jangan lupa tambahkan rebung asam secukupnya, lalu masak hingga mendidih. Setelah itu, cicip satu liling nya dengan mencucupnya, jika sudah bisa dicucup, maka artinya sudah masak dan siap dihidangkan untuk hidangan makan siang atau makan malam.

 

Jangan lupa pula lengkapi dengan lalapan, petai atau jengkol muda. Maka kenikmatan makan gulai liling akan anda rasakan.

 

Supaya makannya nikmat, harus dicucup dengan cara dihisap hingga keluar isi dalam siput tersebut. Untuk lebih lengkapnya simak toturial cara makan gulai liling ala Bupati Bengkulu Selatan, Gusnan Mulyadi, S.E., M.M atau lebih dikenal dengan panggilan Gusnan Gundul.

BACA JUGA:Siap-Siap , Pudasera Raja Queen Hadir di Sukaraja, Konsep Modern

BACA JUGA:Horee! ASN Bisa Libur Panjang Nih, Senin Bulan Januari 2023 Libur Juga

BACA JUGA:Jalinbar Bengkulu - Manna Macet, Ini Penyebabnya...

 

Pertama ambil satu liling pakai tangan, lalu di kecup atau dicucup. Zzzruuuupppp cup. Liling tersebut langsung masuk kedalam mulut dan siap di kunyah.  “Makan Liling itu sangatlah mudah…caranya endaskan liling di jungur lalu di kecup Zzzrrrruuuuuupppp cup. Luk itulah kekirau. (Siput padi (kecil) dicampur rebung asam, lalu dicampur tempuyak campur unji cukuplah kata orang tua dahulu. Yang penting perut tidak keroncongan lagi).

 

Bahkan Gusnan pun memberitahukan bagaimana caranya makan gulai liling ini. Caranya ambil satu siput lalu siputnya di cucup dengan mulut, Zzzruuuupppp cup. Begitulah kira-kira.

 

Cucup siput inilah yang membuat banyak orang khususnya orang melayu menjadi ketagihan untuk mengulang kembali makan siput tersebut. Tapi memang waktu makannya sedikit lebih lama dari makan biasanya. Karena waktu otomatis bertambah saat cucup siput tersebut.

 

BACA JUGA:Viral, Bupati Gusnan Makan Gulai Liling, Warga Net Mantap Itu Pak Bupati, Bikin Ngiler

BACA JUGA:Siapa Ayah dari Anak ART yang Baru Dilahirkan Ini?

 

Ini Gulai liling pak, kalau bahasa jawanya siput pak. Ini rebung asam. Ini tempoyak pak. Ada dialog antara perekam video dan Gusnan. Dimana perekam Video menanyakan kepada Gusnan mengenai Liling (siput) jenis apa yang disantapnya. Lilingnya liling padi pak? Salah pak ini liling siput. Tempatnya disungai atau disawah. Hebat sekali bapak yaa“Benar lilingnya liling siput, bukan padi. Cara makanya di cucup menggunakan mulut. 

 

Video Gusnan Makan Gulai Liling ini yang diunggah pada 8 Desember 2022 tersebut telah disukai 8.995 orang dengan 772 Komentar. 121 kali dibagikan netizen. Banyak komentar lucu yang disampaikan netizen.

 

Jika Netizen ingin mencobanya silahkan datang langsung ke Bengkulu Selatan, gulai liling banyak tersedia. Gulai liling ini khas orang melayu. Bahkan mungkin ada yang di perantauan ada yang rindu dengan gulai liling ini, silahkan pulang rasakan sensasi dan nostalgianya. (hcr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: