Pelepasan Kawasan Hutan, Komisi IV DPR RI dan KLHK Kunjungi Desa Kota Niur

Pelepasan Kawasan Hutan, Komisi IV DPR RI dan KLHK Kunjungi Desa Kota Niur

Komisi IV DPR RI bersama KLHK saat kunker ke Benteng-Agus-

BENTENG, RADARBENGKULUONLINE.COM - Komisi IV DPR RI menggelar kunjungan kerja ke Desa Kota Niur, Kecamatan Semidang Lagan, Kabupaten Benteng, Kamis (2/2) siang.

 

 

Tampak hadir beserta rombongan perwakilan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Dirjen Konservasi SDA dan Ekosistem dan PJ Bupati Benteng Dr.Heriyandi Roni M.Si dan perwakilan Provinsi Bengkulu.

 

 

Kunker kemarin bertujuan untuk mendiskusikan secara langsung dengan Pemprov Bengkulu, Pemkab Benteng, Pemdes dan masyarakat untuk membahas tentang pelepasan kawasan hutan, khususnya di Desa Kota Niur.

BACA JUGA: Bupati Kaur Lismidianto Ikut Melihat Operasi Korban Penembakan Balon DPD RI, Ini Responnya

 

 

Sementara itu, PJ Bupati Benteng, Heriyandi Roni saat diskusi bersama komisi IV DPR RI menjelaskan letak permasalahan yang terjadi dimasyarakat adalah lokasi Desa Kota Niur itu sendiri.

 

 

Dimana Desa Niur ini berada dalam kawasan Taman Buru Semidang Bukit Kabu untuk dapat dilepas menjadi hak masyarakat agar menjadi tumpuan dalam mencari rezeki untuk bercocok tanam.

 

 

"Hutan atau taman buru merupakan hutan konservasi yang dimanfaatkan untuk mengakomodir wisata berburu dan tidak dapat digunakan sebagai ladang atau hutan pertanian bagi masyarakat secara sepihak," jelasnya. 

BACA JUGA:Warga Lingkungan Tempat Tinggal Terkejut, Rahimandani Ditembak OTD

 

 

"Oleh sebab itu masyarakat Kota Niur meminta bantuan komisi IV DPR RI menjembatani keinginan masyarakat agar kawasan hutan buru tersebut dapat dilepas menjadi hutan yang dapat dikelola oleh masyarakat," tambahnya.

 

 

Pimpinan komisi IV DPR RI Dedi Mulyadi menjelaskan, untuk dapat membantu mencarikan solusi terbaik bagi masyarakat dalam meminta hak pelepasan hutan buru, masyarakat  harus menjaga kawasan hutan dengan baik.

BACA JUGA:Sebelum Jumatan, Balon DPD RI Ditembak OTD

 

 

"Komisi IV DPR RI akan menggelar raker bersama KLHK untuk dapat menjelaskan dan mempercepat pelepasan hak hutan buru kepada masyarakat,sehingga dapat membantu masyarakat untuk memanfaatkan lahan dihutan tersebut sebagai lahan penghasil bagi perekonomian masyarakat," pungkasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: