Banner Perpustakaan

Demi Membantu Biaya Pendidikan, UIN Kembangkan Potensi Bisnis Menuju BLU

Demi Membantu Biaya Pendidikan, UIN Kembangkan Potensi Bisnis Menuju BLU

Wakil Rektor II UIN Bengkulu, Dr. Zubaedi, M.Pd-adit-

BENGKULU, RADAR BENGKULU.DISWAY.ID  - Saat ini UIN FAS Bengkulu sedang mengembangkan potensi bisnis dalam rangka menunjang aktivitas kampus. Banyak potensi bisnis yang akan dikembangkan oleh UIN. 

Dijelaskan Wakil Rektor II UIN Bengkulu, Dr. Zubaedi M.Pd, UIN  Bengkulu saat ini sedang dalam tahapan menuju Badan Layanan Umum (BLU). Rektor UIN Bengkulu Prof. Dr. KH. Zulkarnain, M.Pd menargetkan BLU penuh pada tahun 2025 nanti. 

BACA JUGA:Hari Ini 929 Mahasiswa Diwisuda, Lulusan UIN FAS Bengkulu Punya Daya Saing Global

Warek II mengatakan,  sekarang ini tahapanya adalah sedang berproses menuju BLU.  Beberapa tahapan sudah dilakukan. Dan visitasi dari pusatpun sudah dilakukan untuk memetakan potensi UIN Bengkulu untuk BLU. 

 


banner-adit-

Warek II juga menegaskan, bahwa ketika BLU nanti  tidak ada kaitannya dengan kenaikan uang kuliah para mahasiswa. Justru sebaliknya. Ketika pengembangan bisnis UIN maju pesat uang dapat membantu biaya pendidikan mahasiswa. 

BLU murni mencari bisnis lain, bukan bersumber dari uang kuliah. 

Disisi lain, potensi pengembangan bisnis UIN menuju BLU yakni UIN memiliki  73 Ha lahan yang dapat dimanfaatkan untuk bergam bisnis. Potensi itu mulai dari membuat tempat penginapan mahasiswa, membuat supermarket, manfaatkan lahan dengan membangun gedung olahraga. Saat ini UIN sudah memiliki sarana lapangan badminton, volly, futsal, basket, tenis lapangan, tenis meja yang dapat disewakan kepada masyarakat. 

"Kita open terhadap masyarakat yang bisa memanfaatkan lahan yang ada," katanya. 

BACA JUGA:Makin Mudah, Bisa Kuliah Gratis di UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu

 

 

Misalkan, kata Warek II, bisa saja dan berkemungkinan kita kerjasama dengan pihak ke tiga dalam pengelolaa arena STQ menjadi sirkuit resmi permanen balap mobil dan motor. 

Ini berkemungkinan, dari  pada tidak jelas lebih baik kita sewakan. 

Kemudian kita akan perbaiki lapangan sepak bola untuk disewakan. Kemudian membuat gedung satu besar yang bisa disewakan untuk berbagai acara. Misalkan saja resepsi pernikahan yang sudah satu paket mulai dari gedung, sunan acara, penginapan, catering dll.  

BACA JUGA:Tidak Ada Usaha yang Sia-Sia, Anis Mahgfiroh Wisudawan Terbaik UIN Angkatan IV

 

 

Warek II mengatakan untuk  mewujudkan itu semua mohon dukungan dan doa dari semua lapisan masyarakat agar dapat terwujud. 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: