Waduh, Ternak Sapi Berkeliaran di Lingkungan Rumah Sakit Lagita

Waduh, Ternak Sapi Berkeliaran di Lingkungan Rumah Sakit Lagita

Ternak sapi banyak terlihat berkeliaran-Berlian-

 

RADARBENGKULU, DISWAY.ID - Meski telah disampaikan oleh Bupati Bengkulu Utara Ir. H. Mian secara langsung terkait Peraturan Daerah (Perda) tentang larangan warga melepasliarkan ternak, saat kunjungannya di acara Safari Ramadan beberapa waktu lalu di Masjid Daruul Hikmah, Desa Urai, Kecamatan Ketahun, Kabupaten Bengkulu Utara, namun masih saja ada hewan ternak yang berkeliaran diarea lingkungan Rumah Sakit (RS) Lagita dan Kantor Urusan Agama (KUA) Ketahun. 

 

 

Hasil pantauan  di lapangan, terlihat Senin Pagi (03/04/2023) puluhan ekor sapi yang diduga milik warga sekitar area KTM Lagita memenuhi halaman RS Lagita. Padahal Bupati telah menyampaikan dan meminta kepada warga untuk tidak lagi melepasliarkan hewan ternak disekitar wilayah KTM Lagita.

 

 

Direktur RS Lagita dr. Nurmala Tarigan melalui Kepala Sub Bagian Tata Usaha (KasubagTU) RS Lagita, Sinarilah SKM saat di konfirmasi membenarkan seringnya hewan ternak berkeliaran diarea KTM Lagita. "Iya pak, setiap hari hewan ternak sapi dan kerbau milik warga berkeliaran diarea RS Lagita," ujarnya.

 

 

Ditambahkan Sinarilah, dirinya juga tidak mengetahui pasti terkait aturan mengenai hewan ternak. Namun untuk mewaspadai hewan ternak milik warga memasuki halaman RS Lagita dan mengganggu aktivitas RS, pihaknya selalu standbykan security.

 

 

"Itu mending hanya diluar pagar RS pak. Kalo di dalam pagar RS in shaa Allah kita selalu awasi pak dengan petugas cleaning servis & security. Kalau hewan ternak milik warga dilepasliarkan kami juga tidak tau apa ada atau ngak aturannya," ungkapnya.

 

 

Lanjut Sinarilah menjelaskan, pihaknya telah mencoba menyampaikan keluhan ke pihak Desa dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) terkait keberadaan hewan ternak jenis sapi dan kerbau milik warga yang berada di lingkungan RS Lagita. Tentu dengan dilepasliarkannya hewan ternak di lingkungan RS Lagita, itu sangat mengganggu kebersihan RS.

 

 

"Kotoran sapi dan kerbau banyak berserakan dijalan depan RS pak, tentu hal itu sangat mengganggu kebersihan RS," jelasnya.

 

 

Di sisi lain, Sinarilah pun berharap warga dapat untuk tidak lagi melepasliarkan ternak di area KTM Lagita agar aktivitas pelayanan kesehatan di RS Lagita tidak terganggu. "Kami sangat berharap agar warga tidak melepasliarkan ternak sapi dan kerbau di lingkungan KTM Lagita," demikian Sinarilah SKM. (bri) 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: