Khotbah Idul Fitri: Hakikat Puasa Itu Adalah Menuju Kepada Perbaikan Diri

Khotbah Idul Fitri: Hakikat Puasa Itu Adalah Menuju Kepada Perbaikan Diri

Buya H. Julisman Amir, M.Pd.I-Adam-

Oleh : Buya H. Julisman Amir, M.Pd.I

Dari : Masjid Al-Iman, Jalan Seruni Kelurahan Nusa indah

 

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَ رَحْمَةُاللهِ وَ بَرَكَاتُهُ

اللهُ أَكْبَرُ، اللهُ أَكْبَرُ، اللهُ أَكْبَرُ، اللهُ أَكْبَرُ، اللهُ أَكْبَرُ، اللهُ أَكْبَرُ، اللهُ أَكْبَرُ، اللهُ أَكْبَرُ، اللهُ أَكْبَرُ

اَللهُ أَكْبَرْ كَبِيْرًا وَالْحَمْدُ للهِ كَثِيْرًا وَسُبْحَانَ اللهِ بُكْرَةً وَأَصِيْلاً، لَاإِلهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ، صَدَقَ وَعْدَهُ وَنَصَرَ عَبْدَهُ وَأَعَزَّ جُنْدَهُ وَهَزَمَ الْأَحْزَابَ وَحْدَهُ، لاَإِلهَ إِلاَّ اللهُ وَاللهُ أَكْبَرُ، اَللهُ أَكْبَرُ وَللهِ اْلحَمْدُ

 

الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي هَدَانَا لِهَذَا وَمَا كُنَّا لِنَهْتَدِيَ لَوْلَا أَنْ هَدَانَا اللَّهُ. أَشْهَدُ أَن لاَّ إِلَهَ إِلاَّ الله وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ اللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى مُحَمَّدٍ، وَعَلَى أٰلِهِ وَصَحْبِهِ 

وَمَنْ وَالاَهُ أَمَّابَعْدُ؛

 

فَيَآ أَيُّهَا النَّاسُ، اتَّقُوا اللهَ حَقَّ تَقْوَاهُ كَمَا قَالَ تَعَالَى: يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلَا تَمُوتُنَّ إِلَّا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُونَ.  وَاعْلَمُوْا أَنَّ يَوْمَكُمْ هٰذَا يَوْمٌ عَظِيْمٌ، وَعِيْدٌ كَرِيْمٌ، أَحَلَّ اللهُ لَكُمْ فِيْهِ الطَّعَامَ، وَحَرَّمَ عَلَيْكُمْ فِيْهِ الصِّيَامَ، فَهُوَ يَوْمُ تَسْبِيْحٍ وَتَحْمِيْدٍ وَتَهْلِيْلٍ وَتَعْظِيْمٍ ، فَسَبِّحُوْا رَبَّكُمْ فِيْهِ وَعَظِّمُوْهُ وَتُوْبُوْا إِلَى اللهِ وَاسْتَغْفِرُوْهُ إِنَّهُ هو الْغَفُوْرُ الرَّحِيمُ.  اللهُ أَكْبَرُ، اللهُ أَكْبَرُ، اللهُ أَكْبَرُ وَللهِ الحَمْدُ

 

Kaum muslimin wal muslimat jamaah Idul Fitri rahimakumullah

RADARBENGKULU.DISWAY.ID - Kalau dengan puasa kita merasa terganggu dengan makan dan minum, sekarang ini sudah masuk 1 syawal, maka makan minumlah sepuasnya.

Andaikata sebab puasa kita merasa terganggu hubungan dengan suami atau istri, maka saat ini terbebas semua belenggu itu.

Atau mungkin karena puasa kita tidak leluasa bekerja mencari nafkah karena takut haus dan lapar dan bekerja di bulan puasa tidak maksimal sebab lelah akibat tidak bisa makan minum, maka sekarang bekerjalah dengan membawa bekal makanan dan minuman sebanyak-banyaknya.

Tetapi Ramadan bukan sekecil itu maknanya bagi orang beriman, sehingga muncul permohonan kepada Allah.

عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُماَ أَنَّهُ قَالَ: سَمِعْتُ رَسُوْلَ الله صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: لَوْ تَعْلَمُ أُمَّتِيْ مَا فِيْ رَمَضَانَ لَتَمَنَّوْا أَنْ تَكُوْنَ السَّنَةُ كُلُّهَا رَمَضَانَ.

“Dari Ibn ‘Abbas ra, ia berkata: Saya mendengar Rasulullah Saw, bersabda: Seandainya umatku mengetahui pahala ibadah bulan Ramadan, niscaya mereka menginginkan agar satu tahun penuh menjadi Ramadan.”

Ada yang mengatakan hadits di atas adalah hadits palsu dan tidak boleh dijadikan hujjah. Akan tetapi walaupun hadits palsu bila kita himpun akan hikmah Ramadan dari berbagai hadits-hadits sohih, subhanallah kita betul-betul mengingin kan Ramadan jangan sampai berlalu. Mari kita simak

مَنْ قَامَ مَعَ الإِمَامِ حَتَّى يَنْصَرِفَ كُتِبَ لَهُ قِيَامُ لَيْلَة

Artinya: "Barang siapa yang ikut melaksanakan salat tarawih berjamaah bersama imam sampai selesai, maka baginya akan dicatat seperti salat semalam penuh." (HR. Abu Daud dan Turmudzi).

كُلُّ عَمَلِ ابْنِ آدَمَ يُضَاعَفُ الْحَسَنَةُ عَشْرُ أَمْثَالِهَا إِلَى سَبْعمِائَة ضِعْفٍ ، قَالَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ : إِلَّا الصَّوْمَ فَإِنَّهُ لِي وَأَنَا أَجْزِي بِهِ 

"Semua amal Bani Adam akan dilipat gandakan kebaikan sepuluh kali sampai tujuh ratus kali lipat. Allah Azza Wa Jallah berfirman, ‘Kecuali puasa, maka ia untuk-Ku dan Aku yang akan memberikan pahalanya."

مَنْ تَقَرَّبَ فِـيْهِ بِخَصْلَةٍ مِنَ اْلخَيْرِ كَانَ كَمَنْ أَدَّى فَرِيْضَةً فِـيْماَ سِوَاهُ وَمَنْ أَدَّى فِـيْهِ فَرِيْضَةً كَانَ كَمَنْ أَدَّى سَبْعِيْنَ فَرِيْضَةً فِـيْمَا سِواَهُ 

Siapa yang melakukan ibadah sunah, nilainya seperti orang yang melakukan ibadah wajib di selain Ramadan. Dan siapa yang melaksanakan yang wajib, nilainya seperti orang yang melaksanakan 70 kali ibadah wajib di selain Ramadan.

Dan di sepuluh akhir Ramadan Allah masih memberikan satu malam diantara sepuluh malam tersebut yakni malam yang lebih baik dari 1000 bulan atau setara dengan umur manusia 83 tahun 4 bulan

Kaum muslimin wal muslimat jamaah idul fitri rahimakumullah

Kapan kita akan bertemu dengan penilaian ibadah yang sedemikian besar dan dahsyat tersebut? Jawabannya tahun depan jika Allah masih berkenan.

Maka itu, pahamilah bahwa Ramadhan bukan sekedar istirahat makan, minum dan hubungan seks semata walaupun itu adalah kebutuhan pokok bagi masing-masing kita tetapi usai Ramadhan kita akan kehilangan momentum, kehilangan waktu yang sangat berharga, kehilangan kesempatan yang belum tentu kita akan bertemu lagi.

Itulah sebabnya saat takbir 1 syawal berkumandang di seantero dunia di pagi syawal tidak tertahankan air mata kita menetes. Apa makna air mata ini?

1. malaikat bersedih atas kepergian Ramadhan lantaran begitu sayangnya kepada umat Nabi Muhammad SAW. Sebagaimana dalam haditsnya: Dari Jabir RA dari Rasulullah SAW bersabda:

ِإذَا كَانَ َاخِرُ لَيْلَةٍ مِنْ رَمَضَانَ بَكَتِ السَّمَوَاتُ وَاْلاَرْضُ وِالْمَلاَئِكَةُ مُصِيْبَةً لِاُمَّةِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ قِيْلَ اَيُّ مُصِيْبَةٍ قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صلى الله عليه وسلم هِيَ ذَهَابُ رَمَضَانَ لِاَنَّ الدَّعْوَاتِ فِيْهِ مُسْتَجَابَةٌ وَالصَّدَاقَةً مَقْبُوْلَةٌ

“Ketika tiba akhir malam Ramadlan, langit, bumi dan malaikat menangis karena adanya musibah yang menimpa umat Nabi Muhammad. (Sahabat) bertanya, Musibah apakah wahai Rasulullah?” Nabi menjawab, “Berpisah dengan bulan Ramadhan, sebab pada bulan ini doa dikabulkan dan shadaqah diterima,"

Saking mulianya bulan Ramadhan yang dianugerahkan kepada umat Nabi Muhammad SAW, di dalamnya terdapat suatu malam yang menyimpan pahala berlipat ganda, berupa kebaikan yang setara dengan seribu bulan yaitu lailatul qadar.

Sehingga layak dikatakan jika langit dan bumi pun menangis menyaksikan kepergian bulan Ramadhan, karena cintanya kepada umat Rasulullah SAW.

2. Adzab kubur termasuk perkara ghaib.

Dan masalah ghaib hanya diketahui oleh Allah dan makhluk yang bersangkutan. Yang bisa kita lakukan hanyalah meyakini apa yang disebutkan dalam dalil Al-Quran dan hadis shahih. Dan kita tidak boleh berkomentar tanpa sumber yang benar.

Meskipun masalah ini adalah tidak didapatkan petunjuk pasti kecuali ada hadits dan hadits itupun lemah, namun kepercayaan yang masih tertanam di masyarakat bahwa salah satu penyebab kita menangis di ujung Ramadan adalah ruh atau arwah orang-orang yang terdekat dengan kita seperti orang tua, suami atau istri atau anak. Mereka ini pamit dalam bahasa yang lirih.

Selama Ramadan mereka diberhentikan dari azab kubur (benar tidaknya wallahu a’lam) kini mereka akan kembali mendapat siksa sampai Ramadan yang akan datang.

Sementara keluarga yang masih hidup sudah lalai kembali mendoakan mereka atau bersedekah dan menghadiahkan bacaan al quran untuk mereka

3. Khawatir ibadah selama Ramadan ditolak

رُبَّ صَاىِٔمٍ حَظُّهُ مِنْ صِيَامِهِ الْجُوْعُ وَالْعَطَشُ

“Berapa banyak orang berpuasa yang tidak mendapatkan apa-apa kecuali lapar dan dahaga saja.” (HR. Ibnu Majah no.1690 dan Syaikh Albani berkata, ”Hasan Shahih.”)

Kaum muslimin wal muslimat jamaah idul fitri rahimakumullah

Bagaimana seharusnya kita memaknai Ramadan bagi ummat muslim?

Abu Hurairah: “Betapa banyak orang yang berpuasa namun tidak mendapatkan apa-apa dari puasanya kecuali lapar dan dahaga, dan berapa banyak orang yang salat malam (di bulan Ramadan) namun tidak mendapatkan apapun kecuali kelelahan” (HR. al-Darimi).  

Hakikat puasa menurut hadits ini sedianya mendorong kita untuk melakukan perubahan dan perbaikan; memaknai puasa dari sekadar simbol menjadi esensi, dari hanya bernilai seremonial menjadi bertuah spiritual, dan dari syariat menuju hakekat.

Dengan kata lain, puasa reformatif adalah puasa yang pelakunya mampu merobek dinding Ramadan, menembus ruang dan waktu, dan terus-menerus meneladani sifat-sifat Ramadan dalam kehidupan.

Secara simbolik, kita bisa mencermati nuansa reformasi puasa Ramadan dari ketentuan menahan diri dari makan, minum, dan melakukan hubungan seksual pada siang hari. 

 Ketentuan ini bisa dimaknai bahwa pada hakikatnya manusia adalah makhluk rohani dan berawal dari kesucian tanpa dosa. Setelah terpelanting jauh ke tempat yang asing –yang kemudian di sebut dunia (artinya hina, di bawah)–  manusia jadi lupa akan hakikat kemanusiaannya sebagai makhluk rohani.

Menahan makan, minum, dan seksual adalah ajang latihan dan sarana untuk mereformasi diri (tepatnya mengembalikan diri) menjadi manusia suci.

Kembali menjadi makhluk rohani yang suci adalah bekal utama untuk menghampiri Ilahi kelak. Allah sendiri bersifat rohani dan suci. Dan  sangat tidak mungkin kita bisa sampai menuju ke-Hadirat-Nya dengan diri yang berlumur dosa.

Oleh karena itu memaknai puasa dengan benar berarti kita sedang melakukan proses purgatorio (penyucian) diri menuju tempat yang dijanjikan yang disebut paradiso (surga), tempat yang dipenuhi dengan jiwa-jiwa yang tenteram dan tenang.

Seperti Firman-Nya: “Wahai jiwa yang tenang. Kembalilah kepada Tuhan dikau, dengan kepuasaan rasa lagi diridhai-Nya. Dan masuklah ke haribaan kelompok hamba-hamba-Ku. Dan masuklah ke dalam surga-Ku” (QS. al-Fajr/89: 27).

Mereformasi diri dengan berpuasa bisa dimulai dengan melakukan hal-hal yang tampaknya sepele. Misalnya, menyeleksi semua yang kita makan dan minum. Sedapat mungkin tidak ada barang haram yang ikut tertelan dan menjadi darah dan daging.

Sebab, Nabi SAW katakan tidak akan masuk surga seseorang yang di dalamnya mengalir darah dari makanan yang haram. Bila semua itu terlanjur terjadi, di bulan suci ini, mari kita memperbanyak istighfar, mohon ampun. Pasti Allah akan memberi ampun dan kesempatan untuk memperbaiki diri, bila kita sungguh-sungguh melakukannya.

Segeralah mengembalikan barang haram tersebut kepada yang berhak menerimanya. Lalu segera gapai pengampunan mereka atau mungkin rakyat banyak yang telah dirugikan.

 

Kaum muslimin wal muslimat jamaah idul fitri rahimakumullah, 

Ketamakan perut dan memperturuti nafsu biologis merupakan perpanjangan dari kepuasan duniawi yang temporer dan menipu. Dunia itu sendiri memang penuh dengan puja-puji dan caci-maki. Kesenangan dunia  bersifat palsu dan memperdaya. Kian dipenuhi kian terasa tak terpuasi.

Padahal akhirat adalah sebaik-baiknya tempat kembali lagi abadi, tetapi mengapa kita masih terus saja berpaling pada dunia yang simbolkan pada kenikmatan perut dan di bawah perut? Puasa tahun ini sedianya menjadi titik-tolak kemenangan supremasi hati nurani dari hati dzulmani.

Dengan sekuat daya dan doa, kita kembalikan potensi diri kita dari  al-basyar (manusia hewani) menuju puncak kemanusiaan sebagai manusia yang tercerahkan, yakni al-insan. Semua itu bisa diraih dengan meformasi diri di bulan suci.

Bila saja puasa kita maknai secara tepat, sebenarnya bukan hanya jadi ajang untuk meformasi diri, tapi juga reformasi sosial dan gerakan moral.

Puasa sarat dengan segala sesuatu yang positif, seperti kejujuran, kesabaran, kedermawanan, kepemimpinan yang ideal, kesamaan di dalam hukum, termasuk kedinamisan hidup dan etos kerja.

Belum terlambat kiranya bagi kita untuk memaknai  puasa yang sarat makna. Puasa yang bernuansa reformasi di setiap lini kehidupan.

 

اللهُ اَكْبَرُ (٣×) اللهُ اَكْبَرُ (٤×) اللهُ اَكْبَرُ كبيرًا وَاْلحَمْدُ للهِ كَثِيْرًا وَسُبْحَانَ الله بُكْرَةً وَ أَصْيْلاً لاَ اِلَهَ اِلاَّ اللهُ وَاللهُ اَكْبَرْ اللهُ اَكْبَرْ وَللهِ اْلحَمْدُ

 اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ الَّذي وَكَفَى، وَأُصَلِّيْ وَأُسَلِّمُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الْمُصْطَفَى، وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ أَهْلِ الصِّدْقِ الْوَفَا. أَشْهَدُ أَنْ لَّا إلٰهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ أَمَّا بَعْدُ، فَيَا أَيُّهَا الْمُسْلِمُوْنَ، أُوْصِيْكُمْ وَنَفْسِيْ بِتَقْوَى اللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ وَاعْلَمُوْا أَنَّ اللهَ أَمَرَكُمْ بِأَمْرٍ عَظِيْمٍ، أَمَرَكُمْ بِالصَّلَاةِ وَالسَّلَامِ عَلَى نَبِيِّهِ الْكَرِيْمِ فَقَالَ: إِنَّ اللهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ، يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا، اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ، فِيْ الْعَالَمِيْنَ إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ

 اَللّٰهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ والْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ الْأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَالْأَمْوَاتِ، اللهم ادْفَعْ عَنَّا الْبَلَاءَ وَالْغَلَاءَ وَالْوَبَاءَ وَالْفَحْشَاءَ وَالْمُنْكَرَ وَالْبَغْيَ وَالسُّيُوْفَ الْمُخْتَلِفَةَ وَالشَّدَائِدَ وَالْمِحَنَ، مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ، مِنْ بَلَدِنَا هَذَا خَاصَّةً وَمِنْ بُلْدَانِ الْمُسْلِمِيْنَ عَامَّةً، إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ 

’Ya Allah saat-saat yang syahdu ini, kami segenap hamba-hamba-Mu, berkumpul, bersimpuh di tempat yang suci yang penuh rakhmat, menyebut namaMu yang agung, berzikir, bermunajat kepadaMu dengan takbir, tahmid, dan tahlil.

Duhai Rabb kami yang Maha Penyayang, sayangilah para ustadz, guru-guru kami, lindungi dan bimbinglah mereka. Lapangkan rezkinya, kuatkan azamnya dan berkati jalannya.

Ya Allah, bersihkan hati dan jiwa ini dari hasad dan dengki, persatukan jiwa-jiwa ini dalam cinta karenaMu dan dalam ketaatan kepadaMu, jangan Engkau  biarkan setan musuhMu menggerogoti persaudaraan kami.

Ya Allah, berilah bimbinganMu untuk pemimpin negeri ini agar dapat berlaku adil dengan syari’atMu di atas bumi yang tidak sejengkalpun melainkan milikMu.

Duhai yang Maha Menyelamatkan, Engkau pelindung kami, Engkau pemberi petunjuk orang-orang bingung, Engkau pemberi kecukupan orang yang kekurangan, Engkau pemberi ketenangan orang yang gelisah.

Ya Allah, yang sakit Engkau sembuhkan, yang lupa Engkau ingatkan, yang gelisah Engkau tenteramkan, yang sedih Engkau gembirakan, yang meminta Engkau beri dan kabulkan.

Ya Rabbi, ampuni kami atas kehilafan dan dosa kami kepada anak-anak kami, suami, isteri kami, belum mampu mendidik dan membahagiakan mereka.

Ya Allah, yang mengetahui segala keburukan aib dan maksiat, ampuni seburuk apapun masa lalu kami, tutupi seburuk apapun aib-aib kami. 

Ya Rabb, karuniakan kami jasad yang terpelihara dari maksiat, terpelihara dari harta haram, makanan haram, perbuatan haram. Izinkan jasad ini pulang kelak, jasad yang bersih.

Ya Allah, bukakanlah lembaran-lembaran baru yang bersih yang menggantikan masa lalu kami.

Ya Allah Tuhan yang Maha Penyayang, sayangi kami, sayangi kedua orang tua kami, yang telah berpeluh lelah merawat dan mendidik kami. Ampuni setiap kata keras kami yang pernah terlontar pada mereka, Ya Allah.

Ampuni sikap tak peduli kami atas mereka, Ya Rabb. Berikan kesempatan kami berbakti kepada mereka, Ya Allah. Lembutkan hati mereka untuk kami agar ridha mereka mengantar kami kepada RidhaMu, Ya Allah.

Dan, jika Engkau telah mengambil mereka ke haribaanMu, maka basuhlah mereka dengan kelembutan ampunan dan rakhmatMu, serta pertemukan kami dengan mereka dalam keabadian nikmat syurga tidak akan nikmat tanpa bersama kedua orang tua kami

Ya Rabb, bukakan pintu hati kami agar selalu sadar bahwa hidup ini hanya mampir sejenak, hanya Engkau tahu kapan ajal menjemput kami, jadikan sisa umur menjadi jalan kebaikan bagi ibu bapak kami, jadikan kami menjadi anak yang shaleh yang dapat memuliakan ibu bapak kami.’’

 

عِبَادَ اللهِ، إنَّ اللهَ يَأْمُرُ بِالْعَدْلِ وَالْإحْسَانِ وَإِيْتَاءِ ذِي الْقُرْبَى ويَنْهَى عَنِ الفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ وَالبَغْيِ، يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ. فَاذكُرُوا اللهَ الْعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ وَلَذِكْرُ اللهِ أَكْبَرُ

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: