Warga Mukomuko Jadi Peminjam KUR Terbanyak di Provinsi Bengkulu

Warga Mukomuko Jadi Peminjam KUR Terbanyak di Provinsi Bengkulu

--

RADARBENGKULU, DISWAY.ID - Berdasarkan data dari Sistem Informasi Kredit Program, Kabupaten Mukomuko menjadi wilayah dengan penyaluran KUR terbesar tahun 2023 ini. Jumlah penyaluran ke daerah ini telah mencapai Rp 126,7 miliar. 

 

 

 

"Penyaluran KUR di Mukomuko diharapkan dapat memberikan dorongan positif bagi warga Mukomuko," kata Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Bengkulu Bayu Andy Prasetya.  

BACA JUGA:Hitung Mundur Pencairan Gaji ke-13 ASN dan Pensiunan

 

 

 

Menariknya kata Bayu, peminjam KUR ini mayoritas merupakan dari petani sawit di daerah bukan dari pelaku usaha mikro. Dijelaskan mengatakan, dalam waktu beberapa bulan saja realisasi penyaluran KUR ini pada Maret 2023 ini telah mencapai ratusan miliar, hal ini salah satu komitmen perbankan meningkatkan sektor pertumbuhan petanian dan perkebunan kelapa sawit. 

 

 

 

Data Ditjen Perbendaharaan Provinsi Bengkulu terdapat penyaluran KUR (Kredit Usaha Rakyat) sebesar Rp 613,4 Miliar pada awal tahun 2023. "Total penyaluran saat ini sudah lebih dari setengah triliun, kami optimis dalam beberapa bulan kedepan jumlahnya bisa diatas Rp 1 triliun mengingat semakin banyak petani sawit yang memanfaatkan KUR ini," kata Bayu.

BACA JUGA:Ini Kriteria Guru Honorer Yang Dapat Insentif Rp250.000 Perbulan  

 

 

Sementara itu Kabupaten Bengkulu Utara juga menunjukkan pertumbuhan yang signifikan dalam penyaluran KUR. Dalam periode yang sama, Kabupaten Bengkulu Utara berhasil memperoleh penyaluran KUR sebesar Rp 111,9 miliar. "Angka ini mengindikasikan bahwa sektor usaha pertanian dan perkebunan sawit di Bengkulu Utara semakin menggeliat, dengan berbagai peluang yang dapat dimanfaatkan oleh petani," ujarnya. 

 

 

Sedangkan di Kota Bengkulu turut berkontribusi dalam pertumbuhan penyaluran KUR di provinsi ini. Dalam periode awal tahun 2023, Kota Bengkulu berhasil memperoleh penyaluran KUR sebesar Rp 111,8 miliar. 

 

 

"Kota Bengkulu menjadi pusat kegiatan ekonomi dan perdagangan di Provinsi Bengkulu, dan angka penyaluran KUR yang signifikan ini menunjukkan potensi yang besar untuk mengembangkan usaha di kota ini," ujarnya. 

BACA JUGA:Pertumbuhan Ekonomi Provinsi Bengkulu Melambat

 

Sementara penyaluran KUR ke kabupaten lain di Provinsi Bengkulu juga tercatat cukup baik diantaranya Kabupaten Bengkulu Selatan Rp 70,5 miliar, Bengkulu Tengah Rp 24,69 miliar, Kaur Rp 32,1 miliar, Kepahiang Rp 16,57 miliar, Lebong Rp 15,8 miliar, Rejang Lebong Rp 46,38 miliar, dan Seluma Rp 56,6 miliar. 

 

 

Baiknya penyaluran KUR tersebut menunjukkan komitmen perbankan dalam mendukung pengembangan usaha Bengkulu.

 

 

 

"Penyaluran KUR tersebut menunjukkan komitmen perbankan dalam mendukung pengembangan usaha pertanian dan perkebunan sawit di Bengkulu. Kami berharap bahwa KUR ini dapat memberikan akses modal yang lebih mudah bagi para pelaku usaha di Provinsi Bengkulu, serta mendorong pertumbuhan ekonomi lokal secara keseluruhan," tutur Bayu.

BACA JUGA:Ini Dia Lokasi yang Dikunjungi Investor Korea

 

 

 

Selain itu, Bayu mengaku, angka penyaluran KUR yang signifikan di awal tahun 2023 ini memberikan optimisme bagi sektor usaha perkebunan sawit di Provinsi Bengkulu. Diharapkan, KUR tersebut dapat memberikan dorongan bagi para pengusaha lokal untuk mengembangkan usaha mereka dan menciptakan lapangan kerja baru. 

 

 

 

"Kami berharap KUR dapat memberikan dorongan bagi para pengusaha lokal untuk mengembangkan usaha mereka dan menciptakan lapangan kerja baru. Dengan demikian, pertumbuhan ekonomi di Provinsi Bengkulu dapat terus meningkat secara berkelanjutan," tutupnya. (Bro)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: