Perampokan BRI Cabang Manna, Warga Sempat Panik, Namun Akhirnya.....

Perampokan BRI Cabang Manna, Warga Sempat Panik, Namun Akhirnya.....

Simulasi pihak kepolisian menagamankan seorang perampok yang berada di Bank BRI cabang Manna -Fahmi-radarbengkulu.disway.id

RADARBENGKULU, DISWAY.ID, MANNA - Terjadi Perampokan di Bank BRI Cabang Manna Bengkulu Selatan. Pelakunya empat orang. Pelaku menggunakan 1 (unit) sepeda motor dan 2 (dua) Orang pelaku masuk ke dalam Gedung BRI dan 1 (satu) orang berada di luar gedung. 

 

 

Pelaku yang masuk ke dalam Gedung BRI dan pelaku yang duduk sambil mengamati situasi di dalam gedung. Sedangkan satu pelaku lagi berdiri depan teler. Sementara pelaku yang berada di luar juga mengamati situasi sambil menelpon pelaku yang ada di dalam. Gerak-gerik para pelaku mengundang kecurigaan security.

BACA JUGA:Soal Tambang Ilegal, Praktisi Hukum Sebut Ada Dugaan Keterlibatan Pihak Lain

 

 

Lalu, security berkoordinasi dengan personel Polisi yang Pam Bank BRI, Personel Sat Intelkam mendapatkan informasi adanya perampokan di Bank BRI langsung menuju TKP. 

 

 

Personel Sat Intelkam lalu mengamati pelaku perampokan. Kemudian,  personel Sat Intelkam berkoordinasi Kasat Intelkam adanya perampokan. Tidak lama kemudian, tibalah personil patroli dan Opsnal Sat Reskrim.

BACA JUGA:Alhamdulillah, Ada Rp 24 Juta Untuk Bantuan Hukum Warga Kurang Mampu

 

 

Sebelum Sat Reskrim tiba, telah terjadi penyanderaan dengan cara penodongan senjata api kepada operator teler. Kemudian Sat Reskrim melakukan penangkapan pelaku yang berada di luar. Suasana di dalam gedung sudah tidak kondusif dan  dilakukan negosiasi oleh personil Sat Binmas terhadap pelaku, akan tetapi tidak ada hasil. 

 

 

Tim Opsnal melakukan konsolidasi tindakan tegas, terukur dengan melakukan penangkapan melalui pintu belakang BRI. Akhirnya, pelaku berhasil dilumpuhkan dengan Tim Opsnal Sat Reskrim Polres Bengkulu Selatan. Kemudian diamankan ke Polres Bengkulu Selatan untuk ditindaklanjuti.

BACA JUGA:Kades se Bengkulu Utara Ikuti Penyuluhan Hukum Optimalisasi Pengelolaan Dana Desa

 

 

Peristiwa di atas adalah simulasi untuk meningkatkan profesionalisme dan sinergitas Polres Bengkulu Selatan Polda Bengkulu. Peristiwa itu diskenariokan seolah-oleh  terjadi perampokan di BRI Cabang Manna. 

 

 

Hanya saja simulasi ini sempat mencuri perhatian warga sekitar. Warga menjadi cemas karena melihat banyak kendaraan polisi di Bank BRI Cabang Manna.

BACA JUGA:Kasus Dugaan Persetubuhan, Kuasa Hukum Minta Segera Tetapkan Tersangka

 

 

Setelah dijelaskan bahwa peristiwa itu hanyalah simulasi untuk meningkatkan kesiapan dan kesigapan aparat kepolisian, warga yang tadinya panik langsung paham dan lega. 

 

 

Kegiatan kepolisian ini sesuai yang diamanatkan dalam Undang - Undang Nomor 2 Tahun 2002 Tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia terkait tanggap kejahatan perampokan.

BACA JUGA:Perkara Karaoke Ayu Ting Ting Dihentikan? Polda Bengkulu Gelar Perkara Khusus, Ini Respon Kuasa Hukum

 

 

Dalam skenario kejadian  simulasi penangkapan kejahatan perampokan yang terjadi di Bank BRI Cabang Manna  digambarkan bahwa pada hari Senin, tanggal 5 Mei sekira pukul 17.00 WIB bertempat di Bank BRI Cabang Manna.

 

 

Kegiatan yang langsung dipimpin oleh Kasat Samapta Polres Bengkulu Selatan, Iptu Surya Dharma bersama personel PAM BRI di depan Gedung BRI bersama 2 (dua) security bank. Posisi teler 3 (tiga) orang dan 3 (tiga) orang CS di dalam Gedung, dengan target pelaku berjumlah 3 (tiga) orang memasuki halaman BRI cabang.

BACA JUGA:Penyidikan Dugaan Perkosaan ART Belum Tuntas, Kuasa Hukum MF: Ada Peluang Perdamaian

 

 

Kapolres Bengkulu Selatan, AKBP  Florentus Situngkir SIK melalui Kasat Samapta Iptu Surya Darma mengatakan, kegiatan tersebut untuk melatih kemampuan dan kewaspadaan anggota personel Polres Bengkulu Selatan dalam penanganan  perampokan bank dan kejahatan lain di wilayahnya hukum Polres Bengkulu Selatan.

 

 

"Kegiatan yang kita lakukan  untuk melatih kemampuan dan kewaspadaan anggota personel Polres Bengkulu Selatan dalam penanganan  perampokan bank dan kejahatan lain di wilayahnya hukum Polres Bengkulu Selatan," tutup Surya.(afa/Humas Polres).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: https://radarbengkulu.disway.id