Soal Sampah Harus Diseriusi

Soal Sampah  Harus Diseriusi

Bupati Bengkulu Selatan Gusnan Mulyadi-Fahmi-radarbengkulu.disway.id

RADARBENGKULU.DISWAY.ID -  Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Bengkulu Selatan mempunyai tugas terkait persoalan sampah. Tetapi hal tersebut bukan semata - mata menjadi tugas mutlak yang harus dilakukan DLHK.

Mestinya seluruh masyarakatpun dan OPD yang lain serta Pemerintah Desa juga bisa atasi persoalan sampah. Salah satunya dengan membuat Bank Sampah yang mempunyai berbagai macam manfaat nantinya.

BACA JUGA:Innalillahi Wainna Ilaihi Rajiun, Jemaah Haji Benteng Wafat di Tanah Suci

 

Bupati Bengkulu Selatan Gusnan Mulyadi,SE.MM menyampaikan, di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan bisa meminta kepada seluruh sekolah untuk membuat Bank Sampah. Nantinya sampah - sampah itu bisa dikelola dan dikumpulkan dalam satu tempat. Seperti sampah plastik.

"Nantinya seluruh siswa diminta untuk membawa sampah - sampah tersebut ke sekolah masing masing dan dilakukan penimbangan dan diganti dengan uang sebagai tabungan siswa. Harganyapun, sekolah itu sendiri yang menentukan,"ungkap Gusnan Sabtu (08/07).

BACA JUGA:Inilah Kisahnya Fatmawati dan Bung Karno di Bengkulu (13) - Berdagang Sayur di Kota Curup

 

Kalau nantinya sampah tersebut sudah terkumpul, maka dari pihak DLHK bisa membawa sampah tersebut ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) untuk dikelola kembali.

Kalau nantinya seluruh sekolah yang ada di Bengkulu Selatan bisa membuat Bank Sampah dengan memberdayakan anak muridnya, maka persoalan sampah bisa diatasi.

BACA JUGA:Yang Mendaftar Calon Sekda Provinsi Bengkulu Baru 6 Orang

 

Jika dilihat, kata Bupati, saat ini banyak sekali sampah - sampah plastik yang berserakan. Baik itu di pinggir jalan, siring, bahkan disekitar lingkungan tempat tinggal.

"Pemerintah desa juga bisa melakukannya. Kalau persoalan sampah ini kita atasi bersama, mudah - mudahan lingkungan kita akan bersih dan pola hidup sehat akan tercapai. Begitu juga kami ingatkan kepada masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan,"pungkas Gusnan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: https://radarbengkulu.disway.id /soal sampah harus diseriusi