Orang-Orang yang Bangkrut Waktu Hari Kiamat, Ini Ciri-cirinya

Orang-Orang  yang Bangkrut Waktu Hari Kiamat, Ini Ciri-cirinya

Amir Abdullah LC MA -Adam-radarbengkulu.disway.id

Dan dari ke lima ciri-ciri di atas merupakan perbuatan keji yang harus kita jauhi semaksimal mungkin. Karena di dalam 5 pebuatan di atas mengandung kezholiman yang nyata. Yaitu, mengambil hak orang lain secara zolim dan keji.

Oleh sebab itu, segala sesuatu yang didalamnya ada unsur kezoliman maka Allah mengharamkan pekerjaan tersebut sebagaimana Allah SWT menjelaskan melalui hadis QudsiNya sebgai berikut yang artinya:

 ”Wahai hamba-hamba-Ku, sesungguhnya Aku telah mengharamkan kezhaliman atas diri-Ku dan Akupun jadikan kezhaliman itu diantara kalian sebagai sesuatu yang haram. Maka janganlah kalian saling menzalimi.''

 

Kelima perbuatan di atas bisa menjadikan orang yang shalih akan merugi dihari kiamat. Yaitu jatuh dalam kebangkrutan yang sebenarnya. Bahkan seseorang yang sholeh tersebut bisa terjerumus kedalam panasnya api neraka,  sebagaimana dijelaskan isi penggalan hadis diatas sebagi berikut :

Artinya : “Maka orang-orang yang terdzalimi itu akan diberi pahala dari kebaikan-kebaikan pelaku dzalim. Jika telah habis kebaikan-kebaikannya, maka dosa-dosa mereka akan ditimpakan kepadanya, kemudian dia akan dilemparkan ke dalam neraka.”

 

Hadirin jemaah yang berbahagia

 Dari hadis di atas ada 5 point penting untuk kita perhatikan sebagai bekal akhirat:

1. Menjauhkan diri dari perbuatan dosa. Terutama yag berkenaan dengan dosa dosa hak kepada sesama manusia

2. Menjauhi perbuatan zalim antar sesama

3. Hadis di atas menunjukkan bahwa Allah SWT sangatlah adil kepada hambanya, orang yang zolim akan tetap dimintai pertanggung jawaban dihadapan Allah SWT.

 

4. Harus segera meminta maaf dan bertobat jika kita terjerumus kepada perbuatan zolim, agar terhindar dari kebangkrutan yang sebenarnya di hari kiamat

5.Qisos tidak hanya berlaku di dunia saja, akan tetapi berlaku juga di akhirat kelak. Yaitu kezoliman akan Allah SWT balas perbuatannya dengan balasan yang serupa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: https://radarbengkulu.disway.id