Alhamdulillah, Tim Reaksi Cepat Cinta Bengkulu Selatan, Pemkab, Petani Sukses Alirkan Air ke Sawah Kurang Air

Alhamdulillah, Tim Reaksi Cepat Cinta Bengkulu Selatan, Pemkab, Petani Sukses Alirkan Air ke Sawah Kurang Air

Warga gotong royong membersihkan aliran irigasi yang ada di Kecamatan Air Nipis sampai Kecamatan Seginim dengan menerjunkan alat berat untuk melakukan pengerukan pendangkalan-Fahmi-radarbengkulu.disway.id

 

Gotong royong ini merupakan tindak lanjut dari laporan masyarakat pada saat kegiatan Bujik’an Dusun di Desa Suka Maju, Kecamatan Air Nipis kemaren. Rata-rata ataran sawah yang berada di kedua wilayah tersebut sudah banyak yang mengalami kekeringan lantaran kekurangan pasokan air.

BACA JUGA:3.549 Jiwa Warga Kelurahan Teluk Sepang Tagih Janji Pemerintah Kota Bengkulu, Perbaiki Jembatan Penghubung

 

Selain karena faktor musim kemarau, masalah tersebut juga disebabkan karena pendangkalan irigasi yang disebabkan oleh banyaknya sampah, juga  lantaran harus berbagi air dengan para pengusaha kolam air deras di sepanjang aliran irigasi.

BACA JUGA:Atasi Sawit Ngetrek Itu Gampang Banget, Pakai Probost Boster Aja, Karya Warga Talo, Harganya Bersahabat

 

Oleh sebab itu, gotong royong ini dilakukan secara bersama-sama  dengan para petani sawah maupun para pemilik kolam agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Itu dilakukan dengan mengedepankan prinsip win win solution, sehingga  para petani maupun pemilik kolam tidak ada yang merasa dirugikan.

BACA JUGA:10 Kata Kerja Dalam Bahasa Serawai Manna, Tahu Arti Nyanting dan Uncam-uncam? Simak Ulasannya

 

"Semoga dengan kondisi kebutuhan air yang tercukupi, baik itu petani sawah ataupun pemilik kolam bisa terus bersinergi agar apa yang menjadi usaha yang dilakukan semuanya sama - sama bisa menghasilkan. Kita berharap penghasilan panen padi nantinya akan semakin banyak," pungkas Gusnan.(*).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: https://radarbengkulu.disway.id