Buah Tanaman Liar Favorit Muda-Mudi Melayu Generasi 80 an

Buah Tanaman Liar Favorit Muda-Mudi Melayu Generasi 80 an

Buah favorit muda mudi melayu salah satunya buah seletup-Ist-

RADARBENGKULU.DISWAY.ID - Tahu kah kamu, ada banyak tanaman liar yang menghasilkan jenis buah yang menjadi favorit muda - mudi khususnya yang lahir angkatan tahun 70 hingga angkatan 80 an. Muda-mudi di Bengkulu, khususnya suku Serawai memberi nama buah ini dengan sebutan buah seletup.

 

Ya Buah Seletup akar salah satu buah kegemaran muda-mudi pada tahun 70 hingga 80 an dan menjadi favorit pada masanya.Buah Seletup atau dalam bahasa Indonesia dikenal dengan nama Rambusa. Rambusa ini tumbuhan yang merambat nama latinnya adalah Passiflora foetida.

 

 

Hasil penelusuran jurnalis, dibeberapa daerah buah ini memiliki aneka macam nama, diantaranya ada yang menyebut buah ini dengan nama buah blungsun, buah permot, buah rajutan, buah markisah mini, buah kaceprek atau ki leuleu'eur timun dendang.

 

BACA JUGA:Penting, Ini Dia Buah-buahan yang Banyak Mengandung Vitamin C

Tumbuhan ini banyak ditemukan disemak-semak belukar. Biasanya, anak - anak pada zaman 80 an bermain di lapangan atau semak belukar untuk bermain perang - perangan. Dengan senjata yang terbuat dari pelepah daun pisang yang dibentuk seperti senjata, baik itu laras pendek maupun laras panjang.

 

Pada saat, anak - anak bermain dan bersembunyi, biasanya Seletup akar ini bisa dijadikan tempat anak - anak bersembunyi karena Selutep akar ini tumbuh merambat dan lebat sehingga bisa digunakan perlindungan sambil mencari buahnya untuk dimakan. Rasanya manis harum jika kamu mendapatkan yang sudah warna kuning atau matang. 

 

Tumbuhan ini memiliki buah kecil, hampir sama kayak markisa kalau dibuka isinya, bedanya buah Seletup akar ini di balut seperti jaring yang berbulu, biasanya kalau Seletup akar ini sudah masak warnanya kekuning Kuningan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: https://radarbengkulu.disway.id