Inilah 10 Fakta Unik Burung Kacer, Makan Buah dan Sari Bunga, Sampai Jadi Maskot

Inilah 10 Fakta Unik  Burung Kacer, Makan Buah dan Sari Bunga, Sampai Jadi Maskot

--

RADAR BENGKULU  - Burung yang berwarna hitam dan putih ini sangat banyak digandrungi para kicau mania. Ya, Burung ini biasa disebut Kacer. Burung ini merupakan salah satu burung berkicau yang menjadi primadona selain burung murai batu.

Dikutip dari Master Kicau Burung kacer merupakan salah satu burung yang populer di Indonesia karena keindahan suaranya yang merdu dan variasi warna bulunya yang menarik. Selain itu, burung ini juga memiliki karakter yang unik dan menarik untuk dipelajari. Kali ini kita akan bahas 10 fakta unik tentang burung kacer yang mungkin belum diketahui banyak orang.

Ini Dia fakta unik burung Kacer :

1. Asal-usul Burung Kacer

Burung kacer atau dalam bahasa Latin disebut Copsychus saularis, berasal dari Asia Selatan dan Asia Tenggara. Burung ini dikenal dengan berbagai nama diberbagai daerah seperti kacer (Jawa), cucak kencur (Sumatera), dan manyar (Kalimantan).

 

2. Ciri-ciri Burung Kacer

 

Burung kacer memiliki ukuran tubuh yang kecil hingga sedang dengan panjang mencapai 23 cm dan berat sekitar 60 gram. Warna bulunya bervariasi dari cokelat kehitaman hingga keputihan dengan kombinasi warna lain seperti kuning, merah, atau biru pada bagian tertentu tubuhnya. Burung kacer juga memiliki paruh yang pendek dan kaki yang kuat untuk bergerak di atas tanah.

 

3. Suara Burung Kacer

Salah satu daya tarik utama burung kacer adalah suaranya yang merdu dan bervariasi. Burung kacer jantan memiliki suara yang lebih lantang dan sering digunakan untuk kontes berkicau. Suara burung kacer betina lebih halus dan biasanya digunakan untuk menarik perhatian burung jantan saat musim kawin.

4. Peran Burung Kacer dalam Kehidupan Manusia

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: