Waduh, Ada 608 TPS di Bengkulu yang Berada Dilokasi Blank Spot, Sulit Terjangkau Internet

Waduh, Ada 608 TPS di Bengkulu yang Berada Dilokasi Blank Spot, Sulit Terjangkau Internet

TPS masih banyak berada di wilayah blank spot-ist logo KPU-

Data tersebut didapat dari hasil pemetaan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bengkulu. Namun dengan kondisi tersebut KPU tetap Optimis mengoptimalkan pelaksanaan rangkaian kegiatan dalam mensukseskan pesta demokrasi Pemilihan Umum (Pemilu) serentak 2024 mendatang. 

 

Komisioner KPU Provinsi Bengkulu, Emex Verzoni mengatakan jumlah itu sebagian dari jumlah TPS yang ada di Bengkulu yakni 6.210 TPS yang berada di 257 desa dan kelurahan. "Selain masih blank spot, keberadaan TPS  ini sulit secara geografis,'' kata Emex.

 

Meskipun demikian, Emex memastikan pelaksanaan Pemilu serentak di lokasi  itu akan tetap bisa terlaksana dengan baik. 

''Penyaluran logistik untuk Pemilu di kawasan tersebut kami pastikan akan tepat waktu. Kemudian terkait SIREKAP KPU provinsi ada mekanismeya, ketika Blank Spot itukan tidak bisa mengupload atau mengirim hasil penghitungan tersebut, maka melalui petugas PPS mendampingi petugas KPPS untuk ditarik ke daerah lain yang ada sinyalnya. Jadi tidak akan mengganggu proses upload hasil penghitungan suara oleh petugas KPPS,'' tutur Emex.

 

Dalam mengatasi persoalan yang ada, KPU Provinsi Bengkulu juga telah berkoordinasi dengan pemerintah daerah dan TNI/Polri setempat untuk berkomitmen dalam mengatasi kendala yang ada khusunya kondisi demografis wilayah yang sulit dijangkau maupun terkendala jaringan internet untuk rekapitulasi hasil Pemilu secara elekstronik.

 

''TPS sulit ini kan menjadi skala prioritas kita untuk mendistribusikan dan pengamanan logistik Pemilu baik sebelum hari H artinya distribusi logistik tersebut disalurkan kemudian alur distribusi logistik balik, kita sudah berkoordinasi, maka daerah-daerah TPS sulit tersebut kan ada alat transportasi tertentu yang mampu dan bisa menjangkau daerah tersebut yang tentunya dikawal oleh Bawaslu setempat, pihak  pengawas Pemilu, kemudian juga pihak pengamanan dari kepolisian dan TNI,'' ungkap Emex.

 

Lebih lanjut, Emex memastikan seluruh tahapan Pemilu 2024 dapat berjalan lancar baik distribusi logistik, hingga rekapitulasi elektronik.

 

''Tidak perlu khawatir, walaupun ada TPS sulit dan Blank Spot KPU Provinsi Bengkulu optimis konteks pendistribusian logistik, penghitungan dan rekapitulasi hingga nanti upload hasil penghitungan suara di aplikasi SIREKAP  tepat waktu,'' pungkasnya.

BACA JUGA:Pemilu Serentak 2024 Wajib Damai, Polda dan TNI Simulasi Pengamanan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: