Wisata Literasi ke Kampung Batik

Wisata Literasi ke Kampung Batik

Suasana kegiatan wisata literasi kampung batik-Agus-radarbengkulu

 

RADAR BENGKULU – Kepala Madrasah, Guru Pendamping, dan Siswa Kelas 6 MIN 1 Bengkulu Tengah melaksanakan salah satu program Madrasah, yaitu Wisata Literasi. 

 

Wisata Literasi kali ini yaitu mengunjungi Kampung Batik yang berada di Desa Panca Mukti, Kecamatan Pondok Kelapa, Kabupaten Bengkulu Tengah.

 

Dijelaskan Kepala MIN 1 Benteng, Emiyati,M.Pd, proses pembelajaran di MIN 1 Benteng bukan hanya di dalam kelas. Tetapi, ada juga yang outdoor.

BACA JUGA:Kota Bengkulu Ada Kampung Batik Besurek Loh, Mau Buat Pakaian Batik Besurek? Ayo Kunjungi Lokasinya

"Hal ini dilakukan agar anak-anak bisa melihat langsung pada sumber pembelajaran. Bukan hanya lewat buku atau media IT lainnya," terangnya. 

 

Ditambahkan, kunjungan ke Kampung Batik ini sangat mengesankan. Siswa beserta guru disambut dengan pelayanan yang prima. Siswa dan guru diberikan informsasi tentang sejarah berdirinya Kampung Batik, disuguhkan minuman dan makanan hasil UKM di Desa Panca Mukti ini.

BACA JUGA:Jejak Sejarah Peninggalan Bung Karno di Bengkulu Masih Terawat dan Jadi Objek Wisata

"Kampung Batik Panca Mukti ini sekarang satu-satunya Kampung Batik yang ada di Kabupaten Bengkulu Tengah. Batik Khas Bengkulu Tengah ini diberi nama “Sungai Lemau” yang memiliki ciri khas Bunga Raflesia, Gunung Bungkuk, Liku Sembilan, dan Batu Andesit," papar Emi.

 

Dibagian lain, Lestari,S.Pd selaku koordinator Wisata Literasi ini menyampaikan bahwa siswa yang ikut diberikan kesempatan praktek langsung membuat batik. Mulai proses membuat pola gambar, mencanting pola-pola yang sudah dilukis, memberikan warna sampai kepada mengunci warna yang ada di bahan batik. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: