Kamu Wajib Tahu, Begini Adab Makan dan Minum dalam Islam, Ini Anjuran Rasulullah Saw

Kamu Wajib Tahu, Begini Adab Makan dan Minum dalam Islam, Ini Anjuran Rasulullah Saw

wajib tahu adab makan dan minum dalam islam-ist-

"Anas berkata, nabi SAW telah melarang orang yang minum sambil berdiri, lalu Qatadah bertanya kepada Anas 'kalau makan bagaimana?' Ia pun menjawab: 'Hal itu (makan berdiri dengan cara itu) lebih busuk dan jahat". (HR imam muslim) 

BACA JUGA:Telat Makan Ternyata Bisa Menambah Berat Badan, Meningkatkan Resiko Diabetes dan Gagalkan Diet

4. Makan menggunakan tangan kanan

Nabi Muhammad Saw juga mengajarkan kita makan menggunakan tangan kanan. "Apabila seseorang dari kamu makan, makan hendak ( haruslah) ia makan dengan (tangan) kanannya. Dan apabila dia minum maka minumlah dengan kanannya. Karena sesungguhnya setan makan dengan kirinya dan (juga) minum dengan kirinya. (HR imam muslim) 

 

5. Makan dan minum secukupnya

Didalam ajaran islam makan dan minum harus dilakukan secukupnya. Rasullullah Saw juga melarang umat islam untuk menyisakan makanan. Karena menyisakan makanan termasuk mubazir atau sia sia. 

BACA JUGA:Diet Cepat Kurus Bisa Dicoba Dengan Rutin Minum Kopi dan Teh Tanpa Gula Serta Rajin Olahraga

6. Doa setelah makan

Islam juga menganjurkan umat muslim untuk setelah selesai makan berdoa yang merupakan bentuk rasa syukur kepada allah SWT. 

 

 

Nah sobat ternyata makan tidak harus sembarangan dan asal asalan ya, ada adab yang harus diikuti didalam islam dan sesuai anjuran Rasulullah Saw. sumber cnn

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: