Nilai Waktu Luang bagi Seorang Muslim

Nilai Waktu Luang bagi Seorang Muslim

Dr. Ismail Jalili, M.A-Adam-radarbengkulu

RADARBENGKULU- Kaum muslimin yang dirahmati Allah, tak terasa hari ini sudah masuk hari Jumat lagi. Untuk Jumat kali ini, redaksi menurun khutbah Jumat yang berjudul  Nilai Waktu Luang bagi Seorang Muslim

Materi ini ditulis oleh Khatib   Dr. Ismail Jalili, M.A. Khutbah ini akan disampaikannya di Masjid Besar Jami’ Babusalam, Jalan P.Natadirja KM.8 Kelurahan Jalan Gedang, Kecamatan Gading Cempaka, Kota Bengkulu.

Apa isinya, silahkan baca langsung dibawah ini. Selamat membaca. Semoga ada manfaatnya.

 

Jamaah Jumat Rahimakumullah

Waktu luang bisa muncul dan menjadi suatu masalah, jika seseorang tidak memiliki tujuan hidup yang jelas. Waktu luang yang mendatangkan masalah bukanlah sesuatu yang ada sejak lahir. Ia ada dan melekat dalam kehidupan manusia sejalan dengan perkembangan dan kemajuan zaman dan kebudayaan manusia.

Seringkali waktu kosong membuat seseorang menjadi terlena, sehingga keadaan ini membuka jalan bagi setan untuk menggoda. Waktu kosong tanpa dimanfaatkan untuk bekerja atau menjalankan aktivitas yang bermanfaat, menjadi pintu bagi setan untuk menguasai dan menjerumuskan seseorang ke lembah kehinaan dan kemiskinan.

Jangan sampai terjadi pada diri seorang muslim; waktu luang (kosong) diikuti dengan kosongnya pekerjaan dan aktivitas yang bermanfaat !!

Yang harus selalu diingat oleh setiap muslim adalah tekad bulat setan yang akan menyesatkan umat manusia dari jalan Allah SWT . Inilah sumpah yang telah diucapkan oleh setan, ketika ia diusir dari surga atas pembangkangannya terhadap perintah Allah.

Di samping itu, setan akan terus-menerus menggoda anak cucu Adam, sehingga kehidupan mereka penuh dengan kemisikinan dan kesengsaraan di dunia dan akhirat. 

Al-Quran mengisyaratkan hal tersebut, seperti dalam firman Allah SWT yang artinya,"Demi kekuasaan Engkau, aku akan menyesatkan mereka semuanya. Kecuali hamba-hamba-Mu yang mukhlis di antara mereka." (QS. Shâd: 82-83).

 "Setan menjanjikan (menakut-nakuti) kamu dengan kemiskinan dan menyuruh kamu berbuat kejahatan." (QS. Al-Baqarah: 268).

Jamaah Jumat Rahimakumullah

Waktu luang, bila tidak dimanfaatkan dengan baik, akan menjadi penyakit yang mematikan bagi akal pikiran, jiwa dan raga seseorang. Padahal seseorang harus bergerak dan bekerja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radarbengkulu