Jelang Nataru 2024 Bus, Sopir dan Kernet di Bengkulu Sudah Dicek, Ini Hasilnya

Jelang Nataru 2024 Bus, Sopir dan Kernet di Bengkulu Sudah Dicek, Ini Hasilnya

Tim Gabungan Lakukan Pemeriksaan Bus Menjelang Nataru 2024-Windi-

 
 
RADAR BENGKULU  - Dalam rangka memastikan kenyamanan dan keamanan layanan transportasi darat menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2024, tim gabungan melakukan pemeriksaan atau ram check semua bus di Bengkulu.
 
Tim gabungan itu terdiri dari Dinas Perhubungan (Dishub), Dirlantas Polda, Jasa Raharja, dan Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Provinsi Bengkulu melaksanakan kegiatan pemeriksaan atau ram check terhadap angkutan bus, di sejumlah Pool Operasi (PO) Bus yang beroperasi di Kota Bengkulu.
 
Wadirlantas Polda Bengkulu, AKBP Dedy Nata, menyampaikan bahwa dalam pemeriksaan ini, tim gabungan melakukan pengecekan terhadap berbagai unsur, termasuk sopir bus, kernet, dan kondisi kendaraan.
 
"Kami memeriksa kondisi kendaraan, mulai dari lampu, rem, hingga mesin. Semua aspek diperiksa, termasuk pemecah kaca dan pintu darurat," ungkapnya.
 
Dari hasil pemeriksaan, satu unit kendaraan dinilai tidak layak beroperasi karena STNK mati dan terdapat masalah pada penerangan atau lampu utama kendaraan.
 
"Apabila ingin melanjutkan operasional, mereka harus membayar pajak terlebih dahulu dan mengganti lampu utama yang bermasalah. Selain itu, ban sebelah kanan juga dinilai sudah tipis dan perlu segera diganti," tambah Wadirlantas.
 
Sementara itu, untuk para sopir dan kernet yang diperiksa terkait penggunaan obat-obatan terlarang, konsumsi alkohol, atau kondisi kesehatan tubuh, dipastikan semuanya dalam keadaan sehat.
"Semua hasil pemeriksaan terhadap mereka adalah positif, tidak ada indikasi penggunaan alkohol atau obat-obatan terlarang," jelasnya.
 
Dodi Efendi, penguji kendaraan bermotor dari BPTD Bengkulu, menambahkan bahwa kegiatan "ram check" ini dilakukan sebagai langkah preventif untuk memastikan keamanan dan kelayakan transportasi darat di Bengkulu. Hal ini dilakukan mengingat adanya perkiraan lonjakan pemudik yang menggunakan transportasi darat.
 
"Kita harus mempersiapkan sarana dan prasarana transportasi umum dengan baik. Banyak PO di Bengkulu yang mengangkut penumpang dari Bengkulu ke luar daerah atau sebaliknya, jadi kita harus memastikan keselamatan penumpang," tutup Dodi Efendi. 
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: