Peran Teknologi Dalam Meningkatkan Aksebilitas Pendidikan di Daerah Terpencil

 Peran Teknologi Dalam Meningkatkan Aksebilitas Pendidikan di Daerah Terpencil

Ilustrasi pelajar sedang memanfaatkan teknologi-Yar Azza/ist-radarbengkulu

RADARBENGKULU - Para pembaca radarbengkulu.disway.id yang terhormat, dalam kesempatan ini kami menurunkan sebuah opini yang berjudul Peran Teknologi Dalam Meningkatkan Aksebilitas Pendidikan di Daerah Terpencil.

Opini ini ditulis oleh  Poni Monika Putri. Ia adalah Sarjana Keperawatan Bengkulu. Apa isi opininya, silahkan baca secara lengkap dibawah ini. Semoga bermanfaat.

 

Teknologi merupakan suatu alat yang dirancang untuk mempermudah kerja manusia. Teknologi terus berkembang mengikuti perkembangan setiap zaman seiring dengan berjalannya waktu sampai sekarang yang akan menempuh era 5.0 yang baru saja diluncurkan.

Teknologi bukan hanya sekadar gawai yang kita pegang seharinya. Teknologi mencakup banyak hal. Semua hal yang ditujukan untuk mempermudah kegiatan itu disebut teknologi. Teknologi mencakup banyak hal. Baik itu teknologi untuk kehidupan, maupun teknologi untuk pendidikan. 

 

Adanya teknologi sendiri sebenarnya memiliki pengaruh yang besar untuk pendidikan di Indonesia. Sebagaimana yang kita ketahui, pendidikan merupakan jenjang yang harus kita tempuh bagi warga Indonesia dan itu telah dijamin oleh Indonesia secara resmi. Pendidikan merupakan proses seseorang untuk mendapatkan ilmu yang nantinya akan dimanfaatkan bagi kehidupan dimasa yang akan datang. 

Dengan adanya pendidikan, itulah kunci pintu kesuksesan yang ingin kita raih mulai terbuka. Seiring dengan berkembangnya zaman, apalagi sekarang kita sudah berada di era digital, ilmu tidak harus kita dapatkan melulu pada buku secara fisik, tetapi juga bisa melalui teknologi yang sudah ada saat ini. 

 

Kita bisa memanfaatkan banyak teknologi. Seperti,  e-book, jurnal, artikel yang ada di berbagai platform yang tersedia. Teknologi yang sudah modern memberikan kemudahan untuk kita mengakses informasi yang dapat memberikan pengetahuan kepada kita secara jelas.

Banyaknya dampak positif tentu tidak terlepas dari adanya dampak negatif. Mulai dari oknum yang tidak bertanggung jawab yang menyalahgunakan ilmu yang  diperoleh untuk membuat alat atau hal yang dapat  merugikan orang lain.

 

Seperti meretas server perusahaan yang nanti akan ia gunakan untuk kepentingan sendiri, menggunakan akun seseorang untuk melakukan hal yang tidak baik, dan lain-lain. 

Maka, kita sebagai seseorang yang disebut berpendidikan, harus menyatukan gelar tersebut dengan hati kita. Kita akan menggunakan ilmu yang kita miliki untuk hal-hal yang bermanfaat bagi banyak orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radarbengkulu