5 Tips Parenting Sederhana Agar Anak Mau Mendengarkan Orang Tuanya! Menjadi Pribadi yang Baik serta Penurut

5 Tips Parenting Sederhana Agar Anak Mau Mendengarkan Orang Tuanya! Menjadi Pribadi yang Baik serta Penurut

Salah satu tantangan orang tua adalah agar anak mendengarkan orang tuanya, ikuti tips parenting sederhana berikut ini-ist-

2. Jangan berbicara sampai anak Anda mendapat perhatian

Saat Anda ingin berbicara dengan anak Anda, pastikan dia memperhatikan Anda. Misalnya, anak terus-menerus melakukan kontak mata. Jangan berbicara ketika anak Anda sedang sibuk melakukan hal lain atau bermain. Jika anak Anda tampak tidak memperhatikan, mintalah dia untuk berhenti terlebih dahulu dan melihat ke arah Anda.

 

3. Gunakan bahasa yang ringkas dan mudah dipahami

Dikutip dari laman Parents, mengucapkan kalimat pendek kepada anak merupakan salah satu cara agar mereka mau mendengarkan dan memahami dengan cepat. Gunakan kata-kata sederhana yang mudah dipahami anak. Hindari penggunaan kata atau istilah yang terlalu formal dan asing bagi anak.

 

4. Menjadi teladan yang baik

Anak akan meniru apa yang dilihatnya dari orang tuanya. Oleh karena itu, penting bagi para ibu untuk memberikan contoh yang baik kepada anak-anaknya. Selalu memberikan perhatian penuh ketika anak Anda bercerita, sehingga dia belajar bahwa penting untuk menghormati lawan bicara Anda dengan memberikan perhatian.

 

5. Hindari memarahi anak

Membentak atau memarahi anak hanya akan membuatnya semakin tidak patuh. Di sisi lain, orang tua hendaknya berusaha untuk tetap tenang dan sabar ketika menghadapi anak yang tidak mau mendengarkan. Ibu juga perlu konsisten dalam menerapkan model pengasuhan. Jika orang tua sering mengubah cara mereka menegakkan aturan, anak akan menjadi bingung dan sulit untuk mematuhinya. Mereka juga menolak mendengarkan nasihat orang tuanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: