Baru Tahu, Teripang Api-Api Banyak Dicari Nelayan Bengkulu, Harganya Sampai Rp 400.000

 Baru Tahu, Teripang Api-Api Banyak Dicari Nelayan Bengkulu, Harganya Sampai Rp 400.000

Teripang api-api selain bisa dikonsumsi tentu harganya juga mahal-Hendri-radarbengkulu

RADARBENGKULU - Teripang jenis api-api saat ini sedang diburu oleh pedagang teripang  di daerah Jawa Timur. Karena itu,  jenis ulat laut yang hidup di karang dan pasir pinggir pantai, mulai dari kedalaman setengah meter sampai kedalaman laut juga banyak dicari nelayang Kaur. Termasuk toke teripang.

Menurut toke tripang di Kaur, Madal (55), warga Desa Tanjung Beringin, Kecamatan Maje, Kabupaten Kaur,  tripang memang sedang dicari dan dibutuhkan saat ini. Sebab, harganya mahal. Karena itu, ia juga mencari sendiri teripang tersebut dari hasil nyelam di laut Merpas, Kecamatan Nasal Kabupaten Kaur.

BACA JUGA: Demi Sukseskan Pemilu 2024, Bawaslu Kabupaten Kaur Hadiri Rapat Koordinasi

 

Dia menceritakan bahwa teripang jenis api-api sangat mudah didapat laut berkarang sepanjang laut Kabupaten Kaur.

''Tripang ini banyak jenisnya. Selain jenis teripang api-api, juga ada jenis gamat, cerah hitam. Jumlahnya masih banyak dan melimpah. Harganya juga bervariasi, '' ujar Mada kepada RADARBENGKULU.DISWAY.ID Sabtu, 20 Januari 2024. 

BACA JUGA:Hasil Panen Sawit di Kaur Turun Drastis, Ini Penyebabnya

 

"Saat ini teripang jenis api-api selain mudah didapat tentu harga jualnya diangka Rp 400 ribu perkilo keringnya. Selain harga jualnya masuk dari hitungan bisnis, teripang jenis ini juga bisa dikonsumsi untuk obat- obatan," kata Madal. 

Lebih lanjut dikatakannya, semua jenis teripang punya nilai ekonomis yang tinggi. Cuma tergantung jenis apa yang banyak di lautan. Setiap pantai berbeda-beda jenis. 

BACA JUGA:Demi Sukseskan Pemilu 2024, KPU Kaur Gelar Training of Trainer

 

''Selama ini kita tidak tahu bahwa ulat laut yang selama ini  menakutkan bentuknya punya nilai jual tinggi dan bisa dikonsumsi. Selain enak, tentu bermanfaat untuk kesehatan. ''

Terpisah, Sekretaris Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kaur, Robi Antomi SP, M. Ling membenarkan kekayaan alam laut Kabupaten Kaur melimpah. Mulai dari jenis ikan, gurita, lobster. Termasuk teripang dan cumi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radarbengkulu