Resep Jitu Kerupuk Jalin ala Pabrik Assyifa Kebun Tebeng Bengkulu

Resep Jitu Kerupuk Jalin ala  Pabrik Assyifa Kebun Tebeng Bengkulu

Kerupuk jalin Assyifa kota Bengkulu -Ist-

RADARBENGKULU – Pabrik Kerupuk Assyifa yang dimiliki oleh Ahmad Sulaiman  di Jalan Kinibalu IV, Kelurahan Kebun Tebeng, Kota Bengkulu telah berdiri selama 30 tahun, namun peminatnya terus bertambah.

Mungkin sebagian orang masih penasaran bagaimana cara membuat kerupuk jalin yang enak ala Pabrik Assyifa tersebut. 

BACA JUGA:Pengusaha Kerupuk di Bengkulu Kebingungan Kelola Bisnisnya

 

Dedeh, salah seorang pegawai yang bekerja di pabrik tersebut siap memberikan resep jitu ala Pabrik Assyifa kepada RADARBENGKULU.DISWAY.ID pada hari Kamis, 25 Januari 2024.

Jenis kerupuk yang diproduksi oleh pabrik ini ada 2 jenis. Yaitu Kerupuk Jalin dan Kerupuk Jangek. Kerupuk Jalin merupakan kerupuk dengan jalinan adonan yang membentuk lingkaran. Proses menjalin tersebut dilakukan oleh mesin pencetak. Kerupuk Jalin diproduksi dalam 2 warna, putih dan agak kekuningan. Kerupuk Jangek merupakan kerupuk berwarna kuning dengan bentuk persegi.

BACA JUGA: Kerupuk Gurita Anak Millenial Bengkulu Laris Manis

 

Adapun bahan dasar dari pembuatan kerupuk tersebut ialah tepung terigu, tepung sagu, garam, penyedap rasa, sarimanis, air panas, dan pengembang. Bumbu-bumbu tersebut diaduk rata terlebih dahulu. Kemudian masukkan air panas. Lalu, aduk kembali adonannya hingga merata. Lalu diamkan hingga kering.

Selanjutnya, adonan akan dicetak menggunakan mesin pencetak. Setelah dicetak, adonan dikukus dengan suhu mencapai 100°C. Kemudian adonan kerupuk dijemur hingga kering, lalu digoreng. Namun, setelah itu kerupuk dimasukkan ke dalam oven agar benar-benar kering.

BACA JUGA:Pabrik Kerupuk Bahagia Sukses Karena Ini

 

Dalam sehari, Pabrik Assyifa memproduksi sebanyak 75 kg kerupuk jalin dan 50 kg kerupuk jangek.

Wawan, salah seorang penjual kerupuk keliling yang biasa mengambil kerupuk di pabrik tersebut mengatakan, untuk kerupuk jalin kita bisa request warna agar lebih kuning atau sebaliknya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radarbengkulu