Pengobatan Bekam Sudah Mulai Dikenal Masyarakat Bengkulu

Pengobatan Bekam Sudah Mulai Dikenal Masyarakat Bengkulu

Ilustrasi warga sedang melakukan pengobatan becam-Suparmi -radarbengkulu

RADARBENGKULU - Bekam atau hijamah merupakan salah satu warisan pengobatan yang ada pada zaman Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wassalam. Ini merupakan salah satu pengobatan yang beliau anjurkan untuk mencegah penyakit, sehingga dapat dikatakan Bekam merupakan ikhtiar sunnah untuk hidup sehat.

Banyak hadist yang menjelaskan tentang hijamah. Salah satunya hadist. Sehingga dapat dikatakan bekam merupakan ikhtiar Sunnah untuk hidup sehat.Banyak hadist yang menjelaskan tentang hijamah. Salah satunya hadist berikut. Rasulullah Shallallahu ‘Alayhi wa Salam bersabda :

BACA JUGA:5 Jenis obat herbal tradisional ini pereda batuk dan filek pada balita

 

الشِّفَاءُ فِيْ ثَلاَثَةٍ: شَرْبَةِ عَسَلٍ وَشَرْطَةِ مِحْجَمٍ وَكَيَّةِ نَارٍ وَإِنِّيْ أَنْهَى أُمَّتِيْ عَنْ الْكَيِّ

 

“Kesembuhan itu berada pada tiga hal. Yaitu minum madu, sayatan pisau bekam dan sundutan dengan api (kay). Sesungguhnya aku melarang ummatku (berobat) dengan kay.” (HR Bukhari)

Dari hadist tersebut kita dapat mengetahui bahwa bekam adalah salah satu jalan kesembuhan yang dianjurkan Nabi Muhammad SAW.Rasulullah Shallallahu ‘Alayhi wa Salam bersabda :

BACA JUGA:Brotowali, Penyapih ASI dan Obat Tradisional Suku Serawai

 

 

إِنَّ أَمْثَلَ مَا تَدَاوَيْتُمْ بِهِ الْحِجَامَةُ وَالْفَصْدُ

“Sesungguhnya metode pengobatan yang paling ideal bagi kalian adalah hijamah (bekam) dan fashdu (venesection).” (HR Bukhari – Muslim)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radarbengkulu