Peringatan K3 Nasional: Peningkatan Kesadaran dan Kemandirian

Peringatan K3 Nasional: Peningkatan Kesadaran dan Kemandirian

Peringatan K3 Nasional Peningkatan Kesadaran dan Kemandirian-ist-

RADAR BENGKULU - Setiap tahun, Indonesia merayakan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional sebagai bagian dari upaya pemerintah untuk mempromosikan K3 di seluruh masyarakat.

Menurut Keputusan Menteri Ketenagakerjaan RI Nomor 244 Tahun 2023, peringatan ini menjadi momentum penting untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran terkait K3.

Bulan K3 Nasional telah menjadi bagian integral dari kalender peringatan sejak tahun 1984, ketika Kepmenaker No. Kep. 13/MEN/1984 mengenai Pola Kampanye Nasional K3 pertama kali diterbitkan.

Dalam konteks ini, Wagub Bengkulu, Rosjonsyah, menekankan pentingnya peringatan ini untuk membentuk budaya K3, menciptakan lingkungan kerja yang nyaman, sehat, dan layak bagi semua pekerja di industri.

"Pembangunan ekosistem ketenagakerjaan yang unggul tidak hanya membutuhkan regulasi yang baik, namun juga pemahaman dan kesadaran dari seluruh pihak dalam menerapkan norma ketenagakerjaan," ujar Rosjonsyah pada upacara Bulan K3 di Bengkulu.

BACA JUGA:Mobil Listrik dan LCGC Diperkirakan Makin Populer di Tahun 2024, Ini Faktor Utamanya

BACA JUGA:Ini Keunggulan Exynos 2400 yang Ada di Galaxy S24 dan S24+, Dijamin Tidak Ada di Hp Lain

Rosjonsyah menyoroti bahwa pembangunan ekosistem ketenagakerjaan yang unggul memerlukan budaya K3 yang baik.

Dengan budaya K3 yang unggul, diharapkan dapat menekan angka kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja, yang pada gilirannya akan meningkatkan produktivitas kerja.

"Keberhasilan program K3 akan menekan kerugian, meningkatkan kualitas hidup dan indeks pembangunan manusia, sangat menunjang pembangunan nasional peningkatan daya saing nasional untuk mencapai pembangunan yang berkelanjutan serta meningkatkan daya saing nasional di era global,” tambahnya.

Wagub Rosjonsyah mendorong koordinasi, sinergi, dan kolaborasi dari semua pemangku kepentingan untuk meningkatkan kemandirian K3.

Ia berharap agar seluruh lapisan masyarakat dapat mendukung dan berperan aktif dalam menciptakan pelaksanaan K3 yang mandiri, mengembangkan, mempromosikan, dan membudayakan K3.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Provinsi Bengkulu, Edwar Happy, menambahkan bahwa kegiatan ini merupakan komitmen dalam melaksanakan penerapan K3 di wilayah Provinsi Bengkulu.

Bulan K3 Provinsi Bengkulu Tahun 2024 bertujuan menurunkan tingkat kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja, menciptakan tempat kerja yang aman, nyaman, dan efisien untuk mendorong produktivitas serta terwujudnya kemandirian masyarakat berbudaya K3.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: