Kata Anies Baswedan Ekonomi Indonesia Dikuasai Segelintir Orang

Kata Anies Baswedan Ekonomi Indonesia Dikuasai Segelintir Orang

Apa yang dimaksud Anies baswedan soal ekonomi Indonesia dikuasai segelintir orang? Simak disini-Ist-

RADAR BENGKULU - Calon presiden (capres) nomor urut 01 Anies Baswedan menyoroti terjadi ketimpangan ekonomi di Indonesia.

Dalam momen debat Capres kelima Anies mengatakan bahwa ekonomi Indonesia saat ini hanya dikuasai segelintir orang.

"Ini adalah bukti ketimpangan orang kaya dan miskin begitu nyata. (Di bidang ini) segelintir orang menguasai sebagian besar perekonomian kita," kata Anies di Jakarta Convention Center (JCC).

Untuk merefleksikan hal ini Anies menceritakan para pendiri bangsa yang tergabung dalam BPUPKI merupakan golongan terdidik yang memiliki privilleg. Namun mereka memilih mendirikan Republik untuk semua.

BACA JUGA:PKS Bengkulu Kampanye Flashmob Sosialisasi Gagasan Capres Anies Baswedan

BACA JUGA:Ambil Barang yang Ketinggalan, Karyawan PTPN VII Seluma Ditemukan Istri Tergan***g

"(Mereka) bukan mendirikan republik untuk dirinya, golongannya, ataupun keluarganya. Mereka mendirikan republik untuk semua. Kekuasaan yang dibangun untuk memberikan kesempatan untuk semua, tapi sekarang kita jauh dari cita-cita republik ini," ungkap Anies pada pembuka Debat.

Anies menyampaikan bukti adanya ketimpangan dan ketidakadilan tersebut berupa 45 juta orang yang tidak bekerja secara layak dan puluhan juta lainnya tidak punya jaminan sosial.

Tidak hanya itu, menurut Anies kondisi perbedaan kualitas pendidikan, kesempatan kerja yang tidak ada serta kesehatan mental dan kekerasan seksual tidak pernah dipedulikan segelintir elit.

"Bicara pendidikan, jauh dari kota terpencil masa depan suram, kemampuan tinggi kesempatan tidak ada, sangat frustrasi melihatnya kesehatan mental kekerasan seksual lebih 15 juta orang jadi korban ini problem-problem yang tidak menjadi kepedulian segilintir elite,” imbuhnya.

Lebih lanjut Anies mengaku sempat bertemu dengan kelompok masyarakat yang menitipkan harapan agar keadaan mereka yang sulit bisa berubah.

Namun disisi lain, masih ada orang-orang yang menolak kehadiran negara untuk mengentaskan kemiskinan itu.

 “Kita juga menyaksikan ada yang menolak ini, yang hidup dan berkuasa dari ketimpangan ini, yang justru merasakan kekuasaan dari ketimpangan ini, itu yang akan kami lawan,” tegas Anies.

Dalam momen debat Capres tersebut Anies juga sempat menyinggung keberadaan orang-orang miskin yang mengkhawatirkan anaknya juga akan hidup dalam kemiskinan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: