Menjangkau Setiap Sudut Bengkulu, Perpustakaan Keliling Terus Lanjut

 Menjangkau Setiap Sudut Bengkulu, Perpustakaan Keliling Terus Lanjut

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Bengkulu menyediakan perpustakaan keliling agar memudahkan dan meningkatkan minat baca masyarakat untuk membaca-naura qristina-

 

RADAR BENGKULU - Layanan Perpustakaan Keliling Perpustakaan terus berlanjut untuk masyarakat Bengkulu. 

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Bengkulu menyediakan perpustakaan keliling agar memudahkan dan meningkatkan minat baca masyarakat untuk membaca. 

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Bengkulu, HM. Sasdi, M.Pd mengatakan, perpustakaan keliling merupakan perpustakaan yang melayani masyarakat sekitar dengan cara lansung mendatangi tempat tinggal atau tempat masyarakat beraktivitas. 

Transportasi atau armada yang digunakan untuk melayani masyarakat disesuaikan dengan kondisi geografis daerah tertentu dapat digunakan mini bus. 

Perpustakaan keliling menjangkau lebih jauh menuju tempat tinggal masyarakat yang sulit dilayani oleh perpustakaan yang sudah ada.

BACA JUGA:Bantah Isi Film

BACA JUGA:7 Pernak-Pernik Khas Imlek yang Wajib Saat Perayaan, Bisa Usir Roh Jahat dan Dapat Keberuntungan

Selain itu, Perpustakaan Keliling mendekatkan informasi kepada masyarakat desa karena mereka belum memperoleh informasi secara mandiri.

Dengan kata lain, hakikat keberadaan perpustakaan keliling adalah pelayanan bagi pembaca apapun bentuk operasionalnya yang terpenting bahan bacaan dapat dimanfaatkan dan dirasakan oleh masyarakat luas.

Membaca memang tidak dapat dipisahkan dari dunia pendidikan. Baik di tingkat sekolah dasar, menengah, maupun tinggi. Kegiatan membaca memiliki banyak manfaat. Seperti dalam pepatah mengatakan bahwa buku adalah jendela dunia. Membaca menjadi kunci untuk mengetahui segala informasi yang ada. 

"Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Bengkulu akan melaksanakan Layanan Perpustakaan Keliling pada tahun 2024 ini ke anak-anak sekolah disela-sela mereka istirahat atau saat adanya event-event yang memungkinkan ada banyaknya orang atau anak-anak. Untuk hal itu akan dijadwalkan terlebih dahulu dengan pihak sekolah. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan minat baca anak-anak atau masyarakat Provinsi Bengkulu menjadi gemar membaca." 

Menurut Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Bengkulu, H. Meri Sasdi, M. Pd, Perpustakaan Keliling ini berfungsi untuk melayani masyarakat yang tidak terjangkau oleh Perpustakaan Umum, sehingga masyarakat yang tidak terjangkau oleh Perpustakaan Umum juga bisa membaca koleksi buku yang tersedia.

Perpustakaan keliling berguna untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang berupa informasi dan ilmu pengetahuan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: