6 Tips Aman Ketika Ingin Melihat Fase Parsial Gerhana Matahari

6 Tips Aman Ketika Ingin Melihat Fase Parsial Gerhana Matahari

cara untuk menikmati fase gerhana sebagian tanpa membahayakan mata Anda-Grid.id poto-

Kotak karton kecil ini memiliki jendela yang terbuat dari film pengaman matahari yang sama dengan yang digunakan untuk membuat kacamata gerhana, sehingga dapat digunakan dengan cara yang sama.

Anda juga dapat menemukan daftar vendor yang disetujui dari AAS. 

3. Kamera, teropong atau teleskop yang dilengkapi filter surya

Cara aman melihat gerhana matahari sebagian adalah melalui teropong atau teleskop yang dilengkapi filter matahari aman bersertifikat yang dirancang khusus untuk tugas tersebut. 

BACA JUGA:Rekomendasi 5 Tempat Bukber di Jakarta, Lokasi Strategis Harga Gak Bikin Krisis

Filter harus dipasang pada lensa objektif.

Jangan pernah melihat gerhana melalui kamera, teropong, atau teleskop tanpa filter surya dan jangan pernah menggunakan metode ini saat Anda mengenakan kacamata gerhana atau menggunakan alat penampil matahari genggam. 

Sebab, Sinar matahari yang terkonsentrasi akan menembus filter dan menyebabkan cedera mata yang serius, menurut NASA. 

4. Teleskop H-alpha

Teleskop hidrogen-alfa (H-alpha), favorit para astronom matahari, hanya mentransmisikan satu panjang gelombang cahaya tertentu.

Anda akan melihat bintik matahari dan tonjolan melaluinya (fitur besar dan terang yang menggeliat dan keluar dari permukaan matahari). 

Gerhana menambah kesan dramatis pada pemandangan, namun Anda dapat menggunakannya pada hari cerah apa pun untuk memandang matahari dengan aman.

5. Teropong surya

Dengan filter matahari bawaan pada lensa objektifnya, teropong matahari dirancang khusus untuk mengamati gerhana matahari sebagian. 

Ada yang menggunakan filter surya polimer untuk mendapatkan pemandangan matahari berwarna putih, sementara ada pula yang menggunakan filter kaca untuk mendapatkan pemandangan matahari berwarna kuning-oranye. Pastikan semuanya sesuai dengan ISO 12312-2.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: