Mengapa Kucing Sering Muntah? Ini Penjelasan Sarah Schmid Dokter Hewan

Mengapa Kucing Sering Muntah? Ini Penjelasan Sarah Schmid Dokter Hewan

secara umum, jika kucing Anda memuntahkan sesuatu, lebih baik Anda harus menemui dokter hewan-Poto mongabay-

Meski begitu, bola rambut pun bisa menjadi pertanda sesuatu yang lebih serius.

“Dalam populasi kucing yang sehat, 10% kucing berbulu pendek dan 20% kucing berbulu panjang akan memiliki bola rambut dua kali atau lebih dalam setahun,” kata Schmid. 

Jika hal ini terjadi lebih dari itu, sekitar beberapa kali dalam sebulan, sebaiknya bawa kucing Anda ke dokter hewan, tambahnya.

Hal ini bisa jadi disebabkan oleh perawatan yang berlebihan, tanda bahwa kucing Anda perlu disikat, atau bahkan masalah pencernaan yang mendasarinya.

Muntah lainnya yang mirip adalah batuk. Kucing yang batuk terlihat seperti sedang muntah, namun yang keluar hanyalah busa atau lendir.

Muntah juga serupa: Perut kucing bergerak masuk dan keluar seolah-olah sedang muntah tetapi perutnya kosong, jadi tidak ada yang keluar.

Akhirnya terjadi regurgitasi. Meskipun muntah dan hal serupa lainnya yang disebutkan adalah proses aktif di mana perut berkontraksi untuk mengeluarkan makanan dari perut, regurgitasi bersifat pasif.

Dalam skenario ini, makanan yang belum sampai ke perut namun keluar begitu saja.

“Sering kali kucing melakukan hal tersebut jika mereka makan terlalu cepat,” kata Schmid. 

Anda dapat mengetahui apakah makanan belum sampai ke perut dengan melihat konsistensinya: Jika sebagian besar masih berupa potongan padat dan tidak mengandung empedu kuning atau makanan yang dicerna sebagian, kemungkinan makanan tersebut telah dimuntahkan.

Namun hanya karena tidak selalu muntah bukan berarti cairan yang keluar dari mulut kucing tidak perlu dikhawatirkan.

Masing-masing proses ini terlihat sangat mirip, dan dokter hewan memerlukan pelatihan bertahun-tahun untuk mengetahui perbedaannya.

Jika ragu, hubungi dokter hewan Anda. Ini bisa jadi serius.

Meski bukan disebabkan oleh kondisi kesehatan, mungkin saja ada sesuatu yang berbahaya dalam makanannya.

Schmid mengatakan kucing dengan muntah kronis, seperti muntah teratur yang berlangsung lebih dari tiga minggu sering kali memiliki alergi atau intoleransi terhadap sesuatu dalam makanannya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: