Yuk Cari Tahu, Sebenarnya Apa Kucing Benar-Benar Menyukai Kita?

Yuk Cari Tahu, Sebenarnya Apa Kucing Benar-Benar Menyukai Kita?

Pemilik hewan peliharaan seperti kucing mungkin senang menyayangi kucingnya, tetapi apakah cinta ini berbalas atau apakah kucing sebenarnya tidak menyukai kita? -Ist-

 

RADAR BENGKULU - Pemilik hewan peliharaan seperti kucing mungkin senang menyayangi kucingnya, tetapi apakah cinta ini berbalas atau apakah kucing sebenarnya tidak menyukai kita? 

Berbeda dengan anjing yang menyayangi kita tanpa syarat, kucing seringkali dituduh memanfaatkan kita untuk memenuhi kebutuhannya dan tidak peduli kita hidup atau mati. Namun apakah benar begitu? 

BACA JUGA:Mengapa Kucing Sering Muntah? Ini Penjelasan Sarah Schmid Dokter Hewan

Tuduhan tersebut ada benarnya, karena banyak penelitian telah menemukan bukti bahwa kucing ( Felis catus ) tidak membalas kasih sayang kita seperti anjing, dan akan membuat kita berusaha demi kasih sayang mereka.

Namun, mereka tampaknya sedikit menyukai kita. 

Dalam studi tahun 2015 yang dilakukan untuk film dokumenter BBC "Cats v Dogs", ahli saraf mengambil sampel air liur 10 kucing dan anjing dan menemukan kadar hormon oksitosin meningkat pada kucing dan anjing setelah dibelai.

Namun, jumlah oksitosin, hormon cinta yang digunakan dalam ikatan sosial, jauh lebih tinggi pada anjing, meningkat rata-rata sebesar 57,2% dibandingkan hanya 12% pada kucing.

BACA JUGA:Bagaimana Cara Membantu Kucing Liar? Coba Pahami Tips Berikut Ini, Jangan Dilempari Ya

Dalam sebuah studi tahun 2021 , para peneliti mengeksplorasi ikatan kucing-manusia dan menemukan bahwa perilaku kucing yang menyendiri kurang umum dari yang mereka perkirakan. 

“Kucing membentuk hubungan emosional yang dekat dengan manusia, namun hanya sedikit yang diketahui tentang hal ini,” kata penulis studi Daniel Mills, spesialis perilaku hewan di Universitas Lincoln. 

“Seperti halnya hubungan sosial yang kompleks, jenis ikatan pemilik kucing adalah produk dari dinamika antara kedua individu yang terlibat, bersama dengan ciri-ciri kepribadian tertentu mereka.”

Penulis penelitian mensurvei 3.994 pemilik hewan peliharaan seperti kucing dan mengidentifikasi lima hubungan berbeda antara kucing dan pemilik untuk menentukan ikatan emosional di antara mereka. 

BACA JUGA:5 Alasan Mengapa Kucing Suka Menjilat Segalanya, Ini Penjelasan Dr Leslie Hancock

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: