Mempertahankan Predikat Muttaqin

Mempertahankan Predikat Muttaqin

Dr. H. Rozian Karnedi, M.Ag-Adam-radarbengkulu

RADARBENGKULU - Para pembaca rahimakumullah , tidak terasa hari ini kita sudah memasuki hari Jumat lagi. Untuk itu, redaksi sudah menyiapkan khutbah Jumat untuk pembaca semua. Judulnya,  Mempertahankan Predikat Muttaqin.

 

Materi ini ditulis oleh  Ustadz   Dr. H. Rozian Karnedi, M.Ag . Ia adalah dosen dan Direktur Ma’had al-Jamiah UIN FAS Bengkulu, Ketua Komisi Informasi dan Komunikasi MUI Provinsi Bengkulu, Wakil Ketua Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama  Wlilayah Bengkulu.  Rencananya, materi ini akan disampaikan saat menjadi khatib shalat Jumat di Masjid Masjid Besar Jami' Babussalam, Jalan P.Natadirja KM.8 Kelurahan Jalan Gedang, Kecamatan Gading Cempaka, Kota Bengkulu.

 

Apa saja isi materi khutbahnya, silahkan dibaca langsung tulisannnya dibawah ini. Selamat membaca! Semoga ada manfaatnya bagi kita semua.

 

 

 Ma’syiral Muslimin Rahimakumullah 

Dalam Agama Islam terdapat “KASTA,” yakni perbedaan atau tingkatan derajat antara umat Islam.  Namun kasta (tingkatan) tersebut tidak sama seperti kasta dalam agama lain yang membedakan manusia berdasarkan kelas atau status sosial. 

Kasta dalam Islam  berdasarkan ketaatan atau kedekatan seseorang kepada Allah.  Terdapat lima kasta dalam Islam. Yakni MUSLIM, MUKMIN, MUHSININ, MUKHLISHIN dan  MUTTAQIN. 

 

1. MUSLIM

  Muslim artinya orang Islam atau sudah masuk Islam. Apabila seseorang sudah mengucapkan dua kalimat syahadat, maka orang tersebut sudah dapat dikatakan Muslim, walaupun  orang tersebut belum mengamalkan ajaran Islam. Atau, katakanlah masih Islam KTP. Orang seperti ini belum dapat dikatakan beriman, tapi hanya orang Islam atau Muslim. 

2. MUKMININ

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radarbengkulu