Gratis, Pemdes Penago Baru Bagikan Ribuan Ayam Kampung Kepada Masyarakat

Gratis, Pemdes Penago Baru Bagikan Ribuan Ayam Kampung Kepada Masyarakat

Penyerahan ayam kampung kepada masyarakat di Desa Penago Baru-Wawan-radarbengkulu

RADARBENGKULU -  Ribuan ayam kampung dibagikan gratis di Desa Penago Baru, Kecamatan Ilir Talo. Ribuan ayam kampung tersebut merupakan program peningkatan ketersediaan, akses serta kualitas konsumsi pangan. 

Kades Penago Baru Salikin mengatakan, kegiatan ini salah satu gunanya adalah mendukung program ketahanan pangan nasional, dengan berupaya mendorong proyek food estate atau lumbung pangan nasional di sejumlah daerah.

BACA JUGA: LPTQ Provinsi Bengkulu Tetapkan Seluma jadi Tuan Rumah MTQ ke-XXXVII Tahun 2026

 

Setelah di tahun sebelumnya membagikan 82 ekor kambing etawa,  tahun ini Desa Penago Baru membagikan 1.822 ekor ayam kampung kepada 335 KK.

Ayam kampung yang dibagikan ini jenis Kampung Unggulan Balitbangtan (KUB), dengan alokasi anggaran Dana Desa sebesar Rp 148.133.000. Masing-masing kepala keluarga di desa tersebut  mendapatkan bantuan ayam KUB sebanyak 6 ekor.

BACA JUGA:Menjaring Ikan di Pantai Pasar Seluma, Warga Sembayat Cari Motor Yamaha Vixion BD-6468-PJ

 

" Tahun lalu dibagikan 82 ekor kambing etawa. Tahun ini melalui program ketahanan pangan dibagikan 1.822 ekor ayam. Masing-masing KK diberikan 6 ekor ayam KUB," sampai Salikin, kemarin. 

Untuk diketahui, ayam KUB merupakan singkatan dari Ayam Kampung Unggul Balai Penelitian dan Pengembangan Pertanian. Ayam KUB adalah ayam Kampung Unggul yang merupakan hasil seleksi dari rumpun ayam kampung selama 6 generasi. Kriteria seleksi yang dilakukan adalah peningkatan produksi telur dengan mengurangi sifat mengeram.

BACA JUGA:Bunda PAUD Seluma Serahkan Bantuan Buku Program Pojok Baca Untuk Tujuh Desa

 

Ayam KUB ini mulai dikembangkan di banyak daerah di wilayah Sumatera, dan diakui lebih unggul dari ayam kampung biasa. 

Syarat warga setempat untuk memperoleh bantuan ayam KUB ini, harus membawa KK masing-masing.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radarbengkulu