Lima Wasiat Malaikat Jibril AS

Lima Wasiat Malaikat Jibril AS

Dr. H. Junni Muslimin, M.A-Adam-radarbengkulu

RADARBENGKULU - Para pembaca yang dimuliakan Allah SWT , tidak terasa hari ini kita sudah memasuki hari Jumat lagi. Untuk itu, redaksi sudah menyiapkan khutbah Jumat untuk pembaca semua. Judulnya, Lima Wasiat Malaikat Jibril AS.

 

Materi ini ditulis oleh  Ustadz  Dr. H. Junni Muslimin, M.A . Rencananya, materi ini akan disampaikan saat menjadi khatib shalat Jumat di Masjid Raya Baitul ‘Izzah, Jalan Raya Pembangunan Kelurahan Padang Harapan, Kecamatan Ratu Agung, Kota Bengkulu.

 

Apa saja isi materi khutbahnya, silahkan dibaca langsung tulisannnya dibawah ini. Selamat membaca! Semoga ada manfaatnya bagi kita semua.

 

Saudara-saudara Kaum muslimin, Rahimakumullah     

Di dalam kitab Muktarahul Al Hadis An-Nabawiyah yang di tulis dan disusun  oleh seorang Ulama’ yang Bernama SAYYID AHMAD AL HASYIMI ALMISYRI RAHIMAHULLAH. Menuliskan satu hadits dari Nabi kita Muhammad SAW, yang diriwayatkan Imam Al Baihaqi, didapatkan  dari seorang sahabat yang bernama  Saidina Jabir, diriwayat yang lain juga disampaikan oleh Sahabat yang mulia Sahal bin Saad Ra,  Rasulullah SAW  bersabda : telah datang pada ku malaikat Jibril  dan berkata :

 يَا مُحَمَّدُ، عِشْ مَا شِئْتَ فَإِنَّكَ مَيِّتٌ،، وَأَحْبِبْ مَنْ شِئْتَ فَإِنَّكَ مُفَارِقُهُ ,وَاعْمَلْ مَا شِئْتَ فَإِنَّكَ مَجْزِيٌّ بِهِ ، وَاعْلَمْ أَنَّ شَرَفَ الْمُؤْمِنِ قِيَامُ اللَّيْلِ، وَعِزَّهُ اسْتِغْنَاؤُهُ عَنِ النَّاسِ

 

“Wahai Muhammad!(1) Hiduplah sesukamu, tapi ingat engkau akan mati;(2) berbuatlah sesukamu, tapi ingat engkau akan diberi balasan karenanya;(3) cintailah siapa pun yang engkau suka, tapi ingat engkau akan berpisah dengannya;(4) ketahuilah bahwa kemuliaan seorang mukmin adalah berdirinya ia pada malam hari (melaksanakan salat malam),(5) dan kehormatannya adalah ketidakbutuhannya terhadap manusia.”(HR Hakim no 7921 dan HR Ath Thabarani no. 4278) 

Nasihat mulia ini, meskipun pada mulanya diperuntukkan kepada Rasulullah, lafalnya mengandung makna umum. Maka, nasihat ini pun berlaku untuk seluruh umat Islam.  

 

Kata Nabi SAW, Aatanii Jibril as.  Telah datang kepada ku Malaikat Jibril AS, kemudian  berkata  yaa Muhammad  yang artinya: 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radarbengkulu