Keluarga Jemaah Haji Bengkulu Jangan Jemput ke Bandara atau Asrama Haji, Jadwal Kepulangan 26 Juni - 1 Juli

Keluarga Jemaah Haji Bengkulu Jangan Jemput ke Bandara atau Asrama Haji, Jadwal Kepulangan 26 Juni -  1 Juli

Keluarga Jemaah Haji Bengkulu Jangan Jemput ke Bandara atau Asrama Haji, Jadwal Kepulangan 26 Juni Hingga 1 Ju-Windi-

 

Kegiatan diawali dengan Senam Haji Sehat bersama seluruh jemaah haji di lobi lantai M depan Klinik Satelit 312 Hotel Loloat Al Mashaer. Pemeriksaan kesehatan terakhir sebelum puncak ibadah haji dilakukan oleh tim kesehatan haji Kloter 4 Padang, yaitu Arie, Nizar, Yayan, dan Dwi sebagai petugas pelayanan kesehatan.

 

"Hasil pemeriksaan kesehatan pada seluruh jemaah haji, In shaa Allah semuanya siap melaksanakan rangkaian puncak ibadah haji di ARMUZNA, meskipun beberapa jemaah mengalami batuk flu ringan. Namun semuanya sudah mendapatkan pengobatan dari tim kesehatan," jelas Muhammad Abdu.

 

Dalam kegiatan penyuluhan kesehatan, terdapat beberapa pesan penting yang harus diperhatikan oleh jemaah haji untuk menjaga kesehatan selama proses puncak ibadah haji di Armina.

 

Beberapa pesan kesehatan bagi jemaah haji untuk persiapan Armuzna antara lain: membawa kebutuhan obat-obatan rutin pribadi, terutama untuk penyakit jantung, hipertensi, dan diabetes; membawa APD seperti sandal, topi, kacamata hitam, masker, sunscreen, botol spray, kanebo, dan payung; serta membawa snack atau roti untuk kebutuhan di Armuzna, terutama di Mudzalifah.

 

Selain itu, jemaah haji diimbau untuk tidak menahan buang air kecil dan besar selama di tenda Arafah dan Mina, serta menghindari keluar tenda pada siang hari karena suhu yang bisa mencapai 45-50 derajat Celsius, yang bisa menyebabkan sengatan panas (heat stroke). 

Jemaah juga dianjurkan untuk segera berkonsultasi dengan petugas kesehatan jika mengalami keluhan kesehatan. Petugas kesehatan siap memberikan pelayanan terbaik bagi jemaah haji Indonesia.

 

"Kegiatan ini diakhiri dengan gerakan minum oralit bersama seluruh jemaah haji dan doa bersama demi kelancaran puncak ibadah haji.''

H. Kurniawan Arianto, Amd, Kep, SKM, MPA, sebagai PJ Program Kesehatan Haji dari Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu yang juga menjadi Tenaga Kesehatan Haji Kloter 4 Padang, menyatakan komitmennya untuk terus mendampingi dan memberikan pelayanan kesehatan terbaik bagi para jemaah haji Bengkulu. (Wij)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: