Dinas Dukcapil Bengkulu Utara Lakukan Layanan Jemput Bola di Enggano

 Dinas Dukcapil Bengkulu Utara Lakukan Layanan Jemput Bola di Enggano

Disdukcapil Bengkulu Utara Jemput Bola-Berlian-radarbengkulu

RADARBENGKULU - Dalam upaya meningkatkan capaian kepemilikan dokumen kependudukan, Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkulu Utara melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bengkulu Utara melakukan pelayanan jemput bola, pelayanan cetak ditempat seluruh dokumen kependudukan (all in one), di Kecamatan Enggano, Jumat, 28 Juni 2024.

Pulau Enggano yang merupakan satu-satunya Kecamatan terjauh jarak tempuhnya dari pusat pelayanan Administrasi Kependudukan (Adminduk) dimana membutuhkan waktu 12 jam perjalanan laut dan 2 jam perjalanan darat. Pulau Enggano juga pulau terluar di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang masuk dalam wilayah Pemerintahan Daerah Kabupaten Bengkulu Utara. 

BACA JUGA:Bakal Calon Gubernur Bengkulu Dempo Xler Didukung Masyarakat Bengkulu Utara

 

Di Kecamatan Enggano ada enam Desa. Yakni Desa Kahyapu, Desa Kaana, Desa Malakoni, Desa Meok, Desa Apoho dan Desa Banjarsari. Dengan jumlah penduduk kondisi semester II tahun 2023 sebanyak 4.189 jiwa. Rinciannya, laki-laki sebanyak 2.196 jiwa dan perempuan sebanyak 1.993 jiwa. Dengan wajib KTP 3.040 jiwa dan yang sudah punya KTP 2.971. Sedangkan yang belum memiliki KTP 69 jiwa.

Mengingat jarak tempuh dari tempat pelayanan yang sangat jauh, sehingga kecamatan ini merupakan prioritas Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dalam memberikan pelayanan jemput bola cetak dokumen ditempat  yang  mudah, cepat, dan akurat. Dukcapil akan selalu melakukan layanan jemput bola yang terjadwal di kecamatan ini.

BACA JUGA:Semoga Dapat Menjadi Suri Teladan, 208 Jamaah Haji Bengkulu Utara Tiba Dengan Selamat

 

Kadis Dukcapil Bengkulu Utara, Suwanto, S.H., M.A.P. mengatakan bahwa seluruh layanan Disdukcapil itu sangatlah mudah. Tidak ada yang berbelit-belit, layanan yang cepat dan ramah, mengingat kecamatan Enggano merupakan kecamatan terjauh, maka Dukcapil akan memberikan pelayanan khusus terjadwal, rekam dan cetak seluruh dokumen kependudukan ditempat, sehingga masyarakat tidak perlu datang ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil di Kota Kabupaten. Tentunya ini akan memangkas jarak tempuh dan tentunya biaya/akomodasi masyarakat.

“Kegiatan kita laksanakan selama 3 (tiga) hari dari 26 sampai dengan 28 Juni 2024 di pusatkan di kantor pelayanan Kecamatan Enggano dan jenis dokumen yang akan dilayani semua dokumen kependudukan. Diantaranya rekam dan cetak KTP-elektronik, penerbitan KK baru, Perbaikan KK, Surat Kerangan Pindah Warga Negara Indonesia (SKPWNI), Akte Kelahiran, Akte Kematian, Kartu Identitas Anak, Identitas Kependudukan Digital dan dokumen lainnya,” ujar Suwanto.

BACA JUGA:Pemkab Bengkulu Utara Gelar Monitoring dan Evaluasi Administrasi Kependudukan di Pulau Enggano

 

Adapun tujuan dari kegiatan dimaksud adalah untuk memberikan layanan yang membahagiakan tanpa membedakan. Mendekatkan layanan dan merupakan wujud nyata memberikan pelayanan terbaik dari pemerintah daerah Kabupaten Bengkulu Utara kepada seluruh penduduknya.

“Program ini merupakan komitmen kami dalam memberikan pelayanan terbaik administrasi kependudukan khususnya di Pulau Enggano dan akan terus dilakukan minimal dua kali dalam setahun. Dan layanan ini disambut baik dan antusias seluruh masyarakat Enggano, ini dibuktikan dari pantauan kami dengan ramainya tempat pelayanan,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radarbengkulu