SMP NEGERI 21 Kota Bengkulu Meluncurkan Inovasi Baru (GERCEP BILING)

SMP NEGERI 21 Kota Bengkulu Meluncurkan Inovasi Baru (GERCEP BILING)

SMP Neger 21 Kota Bengkulu membuat inovasi baru yaitu Gerakan Cepat layanan dan bimbingan konseling atau yang disebut sebagai GERCEP BILING-Ist-

RADAR BENGKULU -  SMP Negeri 21 Kota Bengkulu membuat inovasi baru yaitu Gerakan Cepat layanan dan bimbingan konseling atau yang disebut sebagai GERCEP BILING.

Inovasi GERGEP BILING ini bertujuan untuk meningkatkan nilai iklim keamanan sekolah di rapor pendidikan.

“GERCEP Biling sebagai aplikasi online bertujuan untuk membantu siswa dalam melakukan konseling terhadap berbagai permasalahan maupun kesulitan selama melaksanakan kegiatan pembelajaran di sekolah”, dalam sambutan Helen, S.Pd.,MM sebagai Kepala Sekolah SMPN 21 Kota bengkulu.

Inovasi  GERCEP BILING SMP Negeri 21 Kota Bengkulu hadir karna layanan BK yang dilakukan di sekolah lebih lambat dan terbatas, peserta didik harus datang langsung ke ruang konseling untuk mendapatkan layanan, terkadang membuat tidak nyaman,  takut dan malu, ditambah lagi jika itu berhubungan dengan orang tua, wali kelas ataupun guru yang dapat memakan waktu dan tidak efisien.

Untuk meningkatkan aksesibilitas layanan bimbingan dan konseling bagi peserta didik secara efisien dan efektif serta didasari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin pesat, maka pada tahun 2022 muncul ide untuk membuat plaform online menggunakan Google Site yang memungkinkan peserta didik, orang tua dan guru untuk mengakses layanan BK secara cepat dan efisien.

 “Ide untuk pembuatan inovasi ini adalah melakukan survei atau wawancara dengan siswa, orang tua, dan guru untuk mengidentifikasi kebutuhan dan masalah yang mereka hadapi dalam mengakses layanan bimbingan dan konseling secara cepat. Kemudian melakukan riset tentang platform Google Site dan fitur-fitur yang dapat digunakan untuk menyediakan layanan bimbingan dan konseling secara online” Ungkap Repi Handayani sebagai Guru BK SMP Negeri 21 Kota Bengkulu.

Melalui GERCEP BILING proses pelayanan menjadi lebih efisien dan mudah diakses. Peserta didik dapat mengakses layanan bimbingan dan konseling secara online tanpa perlu datang ke lokasi fisik.

Mereka dapat membuat janji, mengisi formulir, dan berkomunikasi dengan konselor secara virtual, yang mempercepat proses dan memberikan kenyamanan bagi siswa.

Manfaat dari inovasi ini adalah pelayanan BK menjadi lebih fleksibel dan dapat diakses dari mana saja dan kapan saja oleh peserta didik, orang tua dan guru untuk mengakses informasi, saran, dan layanan BK dengan cepat dan nyaman serta memberikan manfaat yang besar dalam meningkatkan aksesibilitas, efisiensi, teknologi, pengelolaan informasi, dan pengembangan layanan.

Pelaksanaan pelayanan bimbingan konseling tidak terbatas hanya disekolah saja dan peserta didik lebih tranparasi dengan menggunakan layanan GERCEP BILING .

Adanya GERCEP BILING ini karakter peserta didik menjadi lebih baik dan menciptakan lingkungan belajar yang lebih aman dan nyaman.

Tentunya hal ini sangat berpengaruh pada Raport Pendidikan pada bagian Karakter dan Iklim Keamanan SMP Negeri 21 Kota Bengkulu yang terbukti pada Tahun 2024 ini meningkat dari tahun sebelumnya.

Layanan GERCEP BILING dapat dakses melalui laman web berikut

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: