Dalam Pameran Ayam Berugo 2024 : Gubernur Bengkulu Tekankan Pentingnya Pelestarian Hutan

Dalam Pameran Ayam Berugo 2024 : Gubernur Bengkulu Tekankan Pentingnya Pelestarian Hutan

Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah, menegaskan bahwa pelestarian hutan adalah kunci untuk menjaga keberlangsungan hidup ayam berugo-Windi-

 

radarbengkuluonline.id – Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah, menegaskan bahwa pelestarian hutan adalah kunci untuk menjaga keberlangsungan hidup ayam berugo, manusia dan juga untuk menjaga habitat yang hidup dihutan seperti ayam berugo yang hampir puna.

 Pernyataan ini disampaikan saat membuka Pameran Ayam Berugo 2024 yang digelar pada Sabtu 10 Agustus 2024.

Acara ini diselenggarakan dalam rangka memperingati hari jadi ke-3 Perhimpunan Penangkar Ayam Hutan Merah Sumatera (PPAHMS), dan turut dihadiri oleh berbagai pejabat penting serta anggota komunitas penangkar ayam Berugo.

BACA JUGA:Ribuan Warga Bengkulu Padati Lokasi Monumen Fatmawati di HUT RI ke 79, Semangat Kemerdekaan Menggelora

BACA JUGA:Di Provinsi Bengkulu BBM Subsidi Sulit Dicari, Harga Pertamax Melambung Tinggi, Antrean di SPBU Mengular

Dalam sambutannya, Gubernur Rohidin menekankan bahwa kepedulian terhadap fauna yang hampir punah, seperti ayam Berugo, merupakan langkah strategis dalam pelestarian ekosistem hutan.

Menurutnya, kesehatan sebuah hutan dapat diukur dari keberlangsungan rantai fauna yang ada di dalamnya.

Sebagai seorang dokter hewan, Gubernur Rohidin memberikan contoh bahwa harimau, yang merupakan predator puncak di hutan, menjadi indikator utama kesehatan ekosistem hutan. 

BACA JUGA:Hari Veteran Nasional 2024: Gubernur Bengkulu Ajak Pemuda Bangkitkan Semangat Berjuang untuk Bangsa

"Jika predator tertinggi seperti harimau punah atau mendekati kepunahan, maka dapat dipastikan bahwa hutan tersebut tidak sehat," jelasnya.

Ia menambahkan, ayam Berugo, yang merupakan bagian dari rantai makanan di hutan, memiliki peran penting dalam menjaga keseimbangan ekosistem. 

"Dengan menjaga rantai makanan ini, kita turut menjaga kelestarian hutan. Siapa yang menjaga hutan, berarti dia juga menjaga kelangsungan hidup manusia," tegas Gubernur Rohidin.

Lebih lanjut, Gubernur Rohidin menyampaikan bahwa kecintaan terhadap ayam Berugo bukan sekadar hobi, tetapi sebuah kontribusi strategis dalam pelestarian sumber daya alam dan lingkungan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: