Bencoolen Fest: Kompetisi Coffee Cupping Show, Ajang Cita Rasa dan Kualitas Kopi Lokal di Bengkulu

Bencoolen Fest: Kompetisi Coffee Cupping Show, Ajang Cita Rasa dan Kualitas Kopi Lokal di Bengkulu

Bencoolen Fest: Kompetisi Coffee Cupping Show, Ajang Adu Cita Rasa dan Kualitas Kopi Lokal di Bengkulu-Naura -

 

Dalam sesi cupping ini, setiap peserta juga diajak untuk mencicipi dan memberikan kesan mereka terhadap setiap kopi yang dicicipi.

 

Saat menentukan pemenang dari Kompetisi Coffee Cupping Show ini, para juri memberikan penjelasan mendalam tentang cara menentukan kualitas kopi dan cara para juri menilai kopi itu sendiri.

 

"Kalau penilaian, sebenarnya tadi kita pakai standar SCA (Specialty Coffee Association of America). Jadi standar SCA itu adalah standar yang dipakai untuk penilai kopi di seluruh dunia. Jadi saat penentuan juara 1 sampai 3, itu sudah memenuhi kriteria dari score sheet yang kita pakai." ujar Risjad Yehezkiel, salah satu juri cupping show.

 

Risjad juga menambahkan dalam penilaiannya itu juga lebih uniformity-nya atau ke clean cup-nya.

 

"Kalau untuk rasa kopinya, sebenarnya semua rasa kopinya bagus dari semua kompetitor. Cuman memang kita disini nyari yang terbaik dari yang terbaik." tambah Risjad.

 

Setelah itu, Risjad juga mengatakan cara para juri untuk membedakan kopi kualitas terbaik dengan yang dibawahnya dengan melakukan kalibrasi.

 

"Jadi kita sesama juri sudah melakukan kalibrasi sebelumnya untuk menyamakan persepsi. Mana kopi yang enak, mana kopi yang harus dapat nilai tinggi, mana yang harus dapat nilai rendah." katanya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: