Penghambat Kesalehan Seorang Muslim

Penghambat Kesalehan Seorang Muslim

Sukran Jayadi, S.Sos.I, M.Pd.I-Adam-radarbengkulu

radarbengkuluonline.id -- Para pembaca  rahimakumullah, tidak terasa hari ini kita sudah memasuki hari Jumat lagi. Untuk itu, redaksi sudah menyiapkan khutbah Jumat untuk pembaca semua. Judulnya, Penghambat Kesalehan Seorang Muslim.

Materi ini ditulis oleh  Ustadz Sukran Jayadi, S.Sos.I, M.Pd.I. Penyuluh Ahli Madya Kota Bengkulu, Ketua PD IPARI Kota Bengkulu dan Ketua Pokjaluh Kota Bengkulu. Rencananya, materi ini akan disampaikan saat menjadi khatib shalat Jumat di Masjid  Besar Al-Amin, Jalan RE Martadinata Kelurahan Kandang, Kecamatan Kampung Melayu, Kota Bengkulu.

 

Apa saja isi materi khutbahnya, silahkan dibaca langsung tulisannnya dibawah ini. Selamat membaca! Semoga ada manfaatnya bagi kita semua.

Jamaah Shalat Jumat yang berbahagia,

Sebagai muslim, setiap kita pasti menginginkan menjadi orang yang saleh. Sebab, jangankan kita, Nabi-Nabi saja menginginkannya. Padahal, seorang Nabi tentu saja termasuk orang saleh. Hal ini karena, kesalehan akan membuat seseorang bisa dimasukkan ke dalam surga. 

Diantara Nabi yang meminta agar dimasukkan ke dalam kelompok orang yang saleh adalah Nabi Sulaiman AS. Ini sebagaimana disebutkan dalam firman Allah SWT yang artinya :

 

"Maka dia tersenyum dengan tertawa Karena (mendengar) perkataan semut itu. dan dia berdoa: "Ya Tuhanku berilah Aku 

ilham untuk tetap mensyukuri nikmatMu yang Telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada dua orang ibu bapakku  dan untuk mengerjakan amal saleh yang Engkau ridhai; dan masukkanlah Aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang saleh." (QS. An Naml : 19).

 

Namun, untuk menjadi saleh ada hambatan-hambatan yang menghadang. Sehingga setiap kita harus mewaspadainya, bahkan mengatasi agar jangan sampai sifat-sifat yang menjadi penghambat kesalehan ini ada pada diri kita masing-masing. 

Ali bin Abi Thalib yang sering disebut sebagai pintu ilmu dan gudang ilmunya oleh Rasulullah SAW, mengemukakan adanya  sifat-sifat yang menjadi hambatan untuk menjadi saleh.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radarbengkulu