Unik, Begini Cara Pemdes Nanjungan Untuk Lestarikan Budaya Daerah

Unik, Begini Cara Pemdes Nanjungan Untuk Lestarikan  Budaya Daerah

Anak-anak sedang laltihan tari Andun yang dilakukan oleh masyarakat Desa Nanjungan, Kecamatan Pino Raya -Fahmi-radarbengkulu

radarbengkuluonline.id, Pino Raya - Anak - anak sampai orang dewasa, semuanya diajarkan untuk mengenal budaya asli Bengkulu Selatan oleh Pemerintah Desa Nanjungan Kecamatan Pino Raya. Seperti tari Andun.

Selain sebagai ajang silaturahmi, sekaligus hiburan setiap malam Kamis,sehingga masyarakat berkumpul untuk menyaksikan seni budaya yang ditampilkan setiap orang.

BACA JUGA:Ini Dia Penyebab Tentang Kurangnya Jabatan Fungsional di Pemkab Bengkulu Selatan

BACA JUGA:Ayo Sukseskan, KPU Bengkulu Selatan Gelar Sosialisasi Pilkada 2024

 

Kepala Desa Nanjungan Bambang Herawanto,SE menyampaikan, kegiatan melestarikan tari budaya ini dilaksanakan oleh lembaga adat yang ada didesa. Hal ini dilakukan agar budaya yang ada tidak hilang dengan perubahan zaman yang semakin moderen.

"Contoh saja,saat ini anak - anak sampai remaja memiliki dunianya sendiri dengan menggunakan Gadget,tanpa mempedulikan sekitarnya.Hal inilah yang tidak kita inginkan. Setidaknya gadget yang ada tidak disalahgunakan peruntukannya,apalagi saat ini budaya - budaya sudah sangat banyak yang mana budaya itu sendiri terkadang  bisa mempengaruhi generasi bangsa kearah yang tidak baik,"papar Bambang Jumat (11/10).

BACA JUGA:Pemda Bengkulu Selatan Gelar Soft Launching Mall Pelayanan Publik

BACA JUGA:Bengkulu Selatan Rehab 40 Unit Rumah Tidak Layak Huni

 


Kegiatan tari Andun yang dilakukan oleh masyarakat Desa Nanjungan, Kecamatan Pino Raya setiap Minggunya-Fahmi-radarbengkulu

Untuk seni tari yang diajarkan yaitu tari Andun. Tradisi ini dulu merupakan favorit pada zamannya,sebelum mengenal organ tunggal dan sebagainya.Untuk itu pihak desa akan mengembalikan masa itu akan kecintaan generasi ini terhadap budaya yang dimiliki. Bukan hanya kenangan, tetapi harus dilakukan turun temurun.

Tari Andun ini bisa digunakan pada setiap acara. Mulai dari pernikahan dan kegiatan lainnya.Apalagi saat ini pihak Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bengkulu Selatan telah meminta kepada pihak sekolah didalam pelajaran muatan lokal harus memasukkan pembelajaran tari Andun.

BACA JUGA:Kajari dan Kapolres Datangi Kodim 0408 Bengkulu Selatan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radarbengkulu