Apakah Aman Makan Ikan Setiap Hari? Ini Penjelasan dari Ahli Kesehatan

Apakah Aman Makan Ikan Setiap Hari? Ini Penjelasan dari Ahli Kesehatan

Pertanyaan mengenai apakah makan ikan setiap hari aman kerap kali muncul, terutama di tengah masyarakat yang semakin sadar akan pentingnya pola makan sehat-poto ilustrasi-

 

radarbengkuluonline.id - Pertanyaan mengenai apakah makan ikan setiap hari aman kerap kali muncul, terutama di tengah masyarakat yang semakin sadar akan pentingnya pola makan sehat. 

Menjawab pertanyaan ini, Dr. Hans Tandra, Sp.PD-KEMD Ph.D, seorang motivator kesehatan, memberikan penjelasan berdasarkan panduan kesehatan global serta hasil penelitian terbaru yang dilansir pada Instagram goodtalk.id.

Menurutnya, tidak hanya aman, mengonsumsi ikan secara rutin justru sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, terutama bagi jantung, pembuluh darah, dan metabolisme tubuh.

BACA JUGA:Moonfood UMKM Populer di Pantai Panjang: Sajikan Sushi dan Mochi dengan Omset di Atas Rp 1 Juta per Hari

BACA JUGA:Vietnam Roll, Usaha Kuliner Inovatif yang Berhasil Menarik Minat Pecinta Makanan Sehat di Kota Bengkulu

Dr. Hans menjelaskan bahwa American Heart Association (AHA) merekomendasikan asupan ikan minimal dua kali dalam seminggu. 

"Menurut AHA, setiap orang setidaknya perlu mengonsumsi ikan dua kali seminggu untuk menjaga kesehatan jantung. Bagi mereka yang lebih sering makan ikan, bahkan setiap hari, ternyata juga tidak masalah dan bisa memberikan manfaat tambahan bagi kesehatan," ujarnya.

Lebih lanjut, Dr. Hans menyoroti manfaat penting dari mengonsumsi ikan setiap hari. 

"Dalam penelitian, ikan terbukti lebih unggul dibandingkan dengan sumber protein hewani lainnya, terutama jika dibandingkan dengan makanan yang tinggi lemak jahat seperti daging merah," jelasnya. 

Orang yang makan ikan setiap hari, terutama ikan laut, akan mendapatkan asupan omega-3 yang tinggi.

Omega-3 dikenal luas karena manfaatnya yang besar dalam menjaga kesehatan jantung, memperbaiki fungsi pembuluh darah, serta melindungi tubuh dari peradangan.

BACA JUGA:Inilah 5 Rekomendasi Tempat Makan Siang di Madiun Jatim, Banyak Pilihan Menu yang Lezat, Wajib dijajal Nih

"Ikan juga menyediakan protein berkualitas yang ringan untuk ginjal dan membantu mengurangi pengapuran di tubuh," tambahnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: