Banner Perpustakaan

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Bengkulu Launching Gerakan Tanam Cabai di Pekarangan

 Kantor Perwakilan Bank Indonesia Bengkulu Launching Gerakan Tanam Cabai di Pekarangan

Kepala Bank Indonesia Bengkulu, Darjana menyerahkan bibit cabai berharap dapat membantu kebutuhan pangan dan mengendalikan harga cabai-ADIT-

 

BENGKULU, RADARBENGKULUONLINE.COM  - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bengkulu bekerjasama dengan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Bengkulu memiliki strategi untuk kendalikan inflasi pangan.

Dalam rangka Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan, TPID (Tim Pengendali Inflasi Daerah) telah memiliki Strategi jitu.  Yakni, membuat  Gerakan Tanam (Gertam) Cabai di Pekarangan yang baru dilaunching kemarin, 18 Oktober 2022. 


Penerima bantuan bibit cabai dari PSBI-ADIT-

Mempercepat realisasi pengendalian harga cabai, lewat Program PSBI (Program Sosial Bank Indonesia) Kpw BI Bengkulu memberikan bantuan bibit beserta sarana budidayanya ke 9 kecamatan dalam Kota Bengkulu. 

 Kepala Perwakilan BI Bengkulu, Darjana mengatakan, Gertam cabai dipekarangan digagas BI bersama Pemkot dan Forkominda  dalam rangka mendukung Program Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) sebagai upaya untuk menjaga inflasi volatile food utamanya pada komoditas cabai.

Melalui Program Sosial Bank Indonesia, KPw BI Provinsi Bengkulu menyerahkan 900 bibit beserta sarana budidayanya yang akan dibagikan kepada 9 kelompok wanita tani di 9 kecamatan di Kota Bengkulu.

Sementara 1 (satu) kelompok wanita tani terpilih, yaitu Kelompok Kerapu Makmur dari Kelurahan Pasar Berkas, Kecamatan Teluk Segara, akan menjadi kelompok percontohan gerakan tanam cabai yang akan menerima sebanyak 1.100 bibit beserta sarana budidayanya.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bengkulu, Darjana juga menyampaikan bahwa gerakan tanam cabai di pekarangan ditujukan sebagai upaya pengendalian inflasi dan mendorong ketersediaan pasokan cabai. Sehingga kebutuhan cabai keluarga dapat dipenuhi dari lahan sendiri. 

Untuk mendukung keberhasilan Gerakan Tanam Cabai tersebut, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Bengkulu juga telah menginstruksikan kepada tenaga penyuluh pertanian di masing –masing kelurahan untuk proaktif mendampingi kelompok penerima bantuan dalam proses budidaya cabai serta mengawal keberhasilan gerakan tanam cabai hingga panen.

BACA JUGA:Gubernur Rohidin Temui Menteri PPPA RI Demi Ini

Wakil Walikota Bengkulu, Dr. Dedi Wahyudi sangat mengapresiasi adanya gerakan tanam cabai di pekarangan sebagai salah satu upaya meningkatkan produktivitas ibu-ibu yang tergabung dalam kelompok wanita tani di Kota Bengkulu.

Beliau menyampaikan bahwa melalui kegiatan ini, ibu-ibu telah ikut serta berpartisipasi dalam Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) dan membantu menjaga harga cabai tetap stabil. 

BACA JUGA:PGRI Seluma Wacanakan Bangun Rumah Singgah

Kedepan,diharapkan gerakan tanam cabai di pekarangan dapat diperluas. Sehingga setiap warga Kota Bengkulu memiliki tanaman cabai dan tanaman sayur mayur di lingkungan rumah mereka, sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan pangan keluarga secara mandiri.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: