Unib Gelar Kuliah Umum Robotik Hari Ini

Kamis 01-11-2018,10:19 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

RBO >>  BENGKULU >>  Fakultas Teknik Mesin Universitas Bengkulu Kamis (01/11) hari ini akan menggelar kuliah umum terkait ilmu robotika. Kuliah umum tersebut akan menghadirkan Dewan Pengurus Robotik Indonesia, Ir Riza Muhida P.hd dari Jakarta.

Disampaikan pengurus Robot Organizing Comitte Indonesia (ROCI) Provinsi Bengkulu, Lativa, S.Pd, seminar ini memaparkan kegiatan terhadap pengetahuan robot. Dimana kreatif mahasiswa mendorong agar dapat ikut serta aktif dalam kegiatan robotik. "Nanti kuliah umum ini akan menghadirkan sosok yang cukup terkenal didunia robotik," terang Lativa.

Kegiatan akan berlangsung di Aula Dekanat Teknik UNIB. Diharapkan para peserta dapat menerima informasi dikarenakan saat ini menghadapi era revolusi industri 4.0 saat ini. Dengan demikian para mahasiswa tidak gaptek (gagap teknologi-red) nantinya.

"Harapan kita dengan kuliah umum ini, mahasiswa dapat ikut serta setelah meranjak ke dunia industri dapat bergabung. Ya, mereka tidak gaptek," ujarnya saat dihubungi  radarbengkuluonline.com kemarin. Sementara itu disampaikan oleh Riza, yang juga merupakan Vice President Roci Indonesia ini dalam menghadapi era kemajuan penerus bangsa dapat menyiapkan pengetahuan kinerja robotik nantinya.

"Mereka nanti akan bisa tahu perkembangan revolusi industri 4.0, pengetahuan apa yang harus disiapkan. Seperti dulu mereka belum tahu terhadap koding dan programing, sehingga nanti mereka akan tahu. Karena ini kedepannya akan berkembang sehingga sebagai tuntutan. Karena mahasiswa menghadapi abad persaingan, mereka yang belum mengetahui membuat grafis nanti mereka akan dituntut dengan pengetahuan tersebut," terangnya.

Menurutnya, saat ini pekerjaan industri sudah banyak memakai peralatan eloktronik tanpa dikelola banyak perkerja.

"Semua industri 4.0 tersebut nanti akan terhubung melewati internet dan digunakan secara otomatis melalui gadget. Sehingga dikerjakan oleh kecerdasan buatan. Hanya satu orang yang monitor, maka akan dikurangi perkerja. Misalnya parkir yang saat ini sudah meningkat kerjanya. Sekarang kita memakai karcis mengetahui berapa jam kita disana, dimana posisinya," imbuhnya.(Bro)

Tags :
Kategori :

Terkait