Relawan Demokrasi Benteng dan Seluma Dilantik

Selasa 22-01-2019,20:29 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

RBO, BENTENG - Sebanyak 55 relawan Demokrasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Benteng akan dilantik hari ini (Selasa-red) disalahsatu hotel di Kota Bengkulu.

Sebanyak 55 relawan demokrasi tersebut merupakan hasil seleksi yang lulus saat mengikuti seleksi wawancara yang digelar belum lama ini.

Ketua KPU Kabupaten Benteng, Brotoseno mengatakan, mereka diseleksi secara ketat, hingga akhirnya dinyatakan lulus.

"Mereka akan dikukuhkan dan diberikan pembekalan besok (hari ini-red), terkait tugas serta tanggungjawabnya selama menjadi relawan demokrasi," tegasnya, kemarin (21/1).

Ditambahkan, tugas dan tanggungjawab 55 relawan demokrasi ini pada intinya adalah bagaimana ikut mendorong kualitas pendidikan pemilih dan meningkatkan partisipasi masyarakat pada Pemilu 2019 nantinya.

"Secara substansi, 55 relawan demokrasi yang telah terpilih berdasarkan hasil keputusan KPU Benteng memiliki tugas untuk meningkatkan partisipasi dan kualitas pemilih dalam menggunakan hak pilihnya," tegasnya.

"Kita harapkan dengan pembekalan yang diberikan, para relawan dapat optimal melakukan tugas-tugas yang telah menanti," ujar dia.

Relasi Kerja 3 Bulan, Gaji Rp 700 Ribu Perbulan

Sementara itu, setelah melewati berbagai tahapan seleksi, sebanyak 55 anggota relawan demokrasi (Relasi) di lantik. "Rencananya sesuai jadwal, pelantikan akan di gelar Selasa (22/1)," kata anggota KPU Seluma Divisi Tehnis dan Penyelanggaraan Pemilu, Hendri Arianda, SP, Senin (21/2).

Relasi, akan bekerja selama 3 bulan kedepan, dengan besaran honor perbulan berkisar Rp 700 ribuan. “Untuk lokasi pelantikan, masih ditentukan menyusul," kata dia.

Setelah dilantik, relasi akan di beri bimbingan tehnis selama 2 hari, dan langsung menjalankan tugasnya. "Relasi bekerja selama tiga bulan masa kerja relawan tersebut, yakni Februari hingga April 2019, dalam rentang masa kerjanya mereka akan bertugas menyosialisasikan Pemilu serentak 2019 di berbagai kalangan masyarakat di wilayah itu sehingga bisa mendorong mereka untuk menggunakan hak pilihnya," sampainya.

Diharapkan, dengan aktifnya relawan Demokrasi ini, peran dan partisipasi pemilih semakin meningkat. (Ags/0ne)

Tags :
Kategori :

Terkait