Duta Saka Balai POM Bantu Penyebaran Informasi akan Keamanan Pangan

Kamis 08-08-2019,20:25 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

RBO  >>>   BENGKULU  >>>   Balai POM di Bengkulu adakan edukasi mengenai produk terapetik, tradisional, kosmetik, komplemen dan bahan berbahaya di  Aula Kantor Balai POM  Bengkulu kemarin. Dalam acara ini juga  disertai pembentukan Duta Saka Pramuka Balai POM. Acara ini dihadiri oleh Ketua Kwartir Daerah Bengkulu diwakili oleh Sekretaris, Jimmy Carlo.

   Kepala Balai POM Bengkulu, Drs. Syafrudin, Apt.,M.Si melalui  Pelaksana Harian Kepala Balai POM, Kasie Pengujian Kimia, Zul Amri, S.Si.,M.Kes menyampaikan bahwa menurutnya kesepahaman antara BPOM dengan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka tentang pemberdayaan potensi Pramuka dalam peningkatan keamanan obat dan makanan, maka dibentuklah duta informasi keamanan obat dan makanan dari saka pramuka di wilayah Provinsi Bengkulu.

    Tujuan dari pembentukan duta ini , sambungnya, untuk memberikan informasi yang seluas-luasnya kepada masyarakat, khsusus anggota pramuka tentang mutu, keamanan dan manfaat produk terapetik , obat tradisional, kosmetika, produk komplemen, dan bahan berbahaya, sehingga dapat melindungi masyarakat dari hal-hal yang merugikan.

“Kesepuluh orang yang dipih nantinya merupakan Duta Saka Pramuka Balai POM di Bengkulu, yang nantinya membantu kami dalam penyebaran informasi penting ke masyarakat mengenai keamana bahan pangan, obat, produk terapietik, kosmetik, komplemen dan bahan berbahaya. Pembentukan Saka Pramuka tersebut merupakan implementasi kesepahaman antara BPOM RI dengan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, “terang Zul Amri, S.Si.,M.Kes.

   Hadir dalam acara tersebut perwakilan dari Kwarda dan Kwarcab Bengkulu dan sekolah-sekolah  yag mana akan dipilih 10 orang untuk menjadi duta generasi milenial yang akan membantu Balai POM dalam menyebarkan informasi masalah penyebaran produk terapetik, obat tradisonal, kosmetik, produk komplemen dan bahan berbahaya lainnya. Terpilihnya kesepuluh orang tersebut maka terbentuklah duta Saka Pramuka Balai POM.

   Senada disampaikan oleh Sekretaris Kwarda Bengkulu, Jimmy Carlo. Ia menyampaikan bahwa  saka yang ada di bawah Balai POM di Bengkulu  dengan harapan mudah-mudahan hasil dari Raker BPOM Provinsi dan Nasional di Jakarta yang hasilnya menetapkan bisa terbentuknya Saka Balai POM di Bengkulu.

“Pramuka Penegak yang hadir dalam acara ini semoga terpilih menjadi Duta Saka Pramuka Balai POM di Bengkulu.  Harapannya setelah terpilih nantinya dapat menginformasikan ke cabang-cabang untuk informasi dari Balai POM. Selagi menunggu hasil raker untuk segera pembentukan saka  maka secepatnya Saka Taruna Bhyakta Balai POM terbentuk. Kami mendukung sepenuhnya pembentukan ini yang berguna pembinaan anak bangsa lebih baik terhindar dari hal yang membahayakan generasi. Dengan adanya edukasi mengenai obat terapetik tradisional, kosmetik, komplemen dan bahan berbahaya bisa menambah pengetahuan dan mencegah diri, keluarga dan masyarakat dari bahaya bahan kimia tersebut, “sampai Jimmy Carlo. (Ae-4)

Tags :
Kategori :

Terkait