Bantuan Benih Jahe untuk Petani di Rejang Lebong Masih Proses Lelang

Senin 02-09-2019,10:15 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

RBO  >>>   KEPAHIANG  >>>   Dinas Pertanian Kabupaten Kepahiang tahun ini mendapat bantuan benih jahe dari Kementerian Pertanian Dirjen Holtikultura dengan luas lahan 15 hektar.

Bantuan tersebut dibagikan untuk 7 Kelompok Tani (Poktan) yang telah diusulkan Dinas Pertanian Kepahiang. Yang saat ini bantuan benih jahe tersebut masih dalam proses lelang Dinas Pertanian Provinsi Bengkulu.

Menurut Kepala Dinas Pertanian, Hernawan, S.PKP melalui Kepala Bidang Holtikultura, Budi, SP 7 Poktan tersebut telah diusulkan ke Kementerian Pertanian untuk mendapatkan Surat Keputusan (SK) penetapan penerima bantuan jahe ini.  “Ya, memang 7 poktan yang diusulkan menerima bantuan jahe tersebut. Saat ini SK nya sudah kita terima,”ungkapnya.

Sambungnya, melalui Satker pada Dinas Pertanian Provinsi Bengkulu, nantinya akan memberikan bimbingan teknis pengembangan komoditi jahe di Kabupaten Kepahiang. Sejauh ini belum ada penetapan resmi jumlah penerima bantuan jahe tersebut. “Nanti poktan penerima bantuan jahe juga akan diberikan bimbingan terkait budidaya tanaman jahe,”imbuhnya.

Ditambahkan, untuk jenis tanaman jahe, merupakan tanaman holtikultura dengan masa tanam yang sangat lama. Yakni masa tanaman 10 bulan sampai dengan 1 tahun. Dengan demikian, diharapkan budidaya jenis tanaman ini dapat dilakukan dengan cara tumpang sari atau petani dapat mengembangkan jenis tanaman holtikultura lainnya di sela-sela tanaman jahe tersebut. “Jadi, harapan kita petani tidak hanya mengandalkan tanaman jahe ini saja. Bisa tumpang sari atau dengan kata lain menanam tanaman seperti kacang buncis, kacang panjang, dan tanaman lainnya,”demikian.(ide)

Tags :
Kategori :

Terkait