Dewan Baru Provinsi Bengkulu Terima Rp 39 Juta Lebih

Senin 02-09-2019,20:43 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

RBO, BENGKULU - Usai dilantik sebanyak 16 Anggota DPRD Provinsi Bengkulu wajah baru itu dipastikan mencicipi uang dengan jumlah Rp 39 juta lebih nantinya. Dimana hal ini merujuk pada Peraturan Pemerintah (PP) nomor 18 tahun 2017 Tentang Hak Keuangan dan Administratif Pimpinan dan Anggota DPRD, maka setiap anggota dewan akan menerima tunjangan representatif, tunjangan transportasi, tunjangan keluarga, tunjangan beras, uang paket, tunjangan jabatan dan tunjangan komunikasi.

Selain itu, setiap anggota dewan juga berhak memperoleh tunjangan kesejahteraan yang meliputi jaminan kesehatan, jaminan kecelakaan kerja, jaminan kematian dan pakaian dinas beserta atribut. Anggota dewan juga akan mendapatkan tunjangan perumahan. Dengan gaji pokok ditambah dengan berbagai macam tunjangan tersebut, setiap anggota dewan diperkirakan akan menerima gaji setiap bulannya mencapai puluhan juta.

Plh Sekwan DPRD Provinsi Bengkulu Syaiful mengatakan, pihaknya sudah menyusun anggaran untuk membayar gaji terhadap para anggota DPRD Provinsi yang baru dilantik sebanyak 45 orang. Seluruh anggota DPRD Provinsi yang dilantik ini diberikan uang dengan total sebesar Rp 39 juta lebih perorangnya. Karena SK pimpinan definitif belum dikeluarkan. Diketahui dari rincian yang ada untuk gaji sebesar Rp 6.049.920, Tunjangan Perumahan sebesar Rp 8.500.000, Tunjangan Komunikasi Rp 12.750.000 dan tunjangan transportasi sebesar Rp 12.495.000. Sehingga dari keseluruhan uang diterima itu sebesar Rp 39.794.920 per orang.

"Proses akan diberikan secepatnya. Namun, ini belum termasuk tunjangan keluarga. Karena KP4 (surat keterangan untuk mendapatkan pembayaran tunjangan keluarga)," terangnya kemarin Senin (02/09) di Gedung DPRD Provinsi Bengkulu.

Sementara ini pihaknya masih menunggu pembentukan alat kelengkapan dewan (AKD), pembentukan fraksi hingga pembahasan tata tertib dewan. Setelah pembentukan itu selesai, maka pihaknya akan memisahkan besaran anggaran yang diberikan bagi anggota dengan pimpinan. Karena pimpinan tidak menerima tunjangan transportasi.

"Karena pimpinan sudah memiliki mobil, maka tidak diberikan tunjangan transportasi. Mudah- mudahan secepatnya. Untuk gaji mereka kita siapkan besok (hari ini-red). Semoga tidak ada hambatan lagi," imbuhnya. (Bro)

Tags :
Kategori :

Terkait