Lagi, 47 Desa di Mukomuko Pilkades Serentak 2020

Kamis 05-09-2019,09:40 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

RBO  >>>   MUKOMUKO  >>>   Selain akan melaksanakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), pada 2020 mendatang Kabupaten Mukomuko juga akan melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak.

Sebanyak 47 desa dari 148 desa di Mukomuko akan melaksanakan Pilkades pada 2020 mendatang. Sebagaimana disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Mukomuko, Gianto, SH ketika dikonfirmasi RADAR BENGKULU kemarin (4/9).

Dari 47 desa yang akan melaksanakan Pilkades serentak tersebut, ada satu desa yang cukup menarik perhatian. Desa tersebut yaitu Desa Sibak di Kecamatan Ipuh. Diketahui, Desa Sibak pada 2018 lalu telah melaksanakan Pilkades, namun pada 2020 mendatang Sibak juga masuk daftar desa yang akan melaksanakan Pilkades.

Terkait hal tersebut, Gianto menjelaskan, memang pada 2018 lalu, Desa Sibak telah melaksanakan Pilkades. Akan tetapi Kades yang terpilih tidak sampai dilantik. Sehingga, sampai saat ini, Desa Sibak belum memiliki Kades definitif.

"Pada Pilkada 2018 lalu, sudah ada Kades terpilih, atas nama Mansur. Sebelum dilantik, ia juga ditetapkan sebagai salah satu yang lulus sebagai komisioner KPU Mukomuko. Mansur memilih jadi komisioner KPU, jadi dia tidak dilantik," beber Gianto.

Sementara, pada waktu itu, pihak DPMD Mukomuko juga tidak bisa melakukan Pergantian Antar Waktu (PAW) Kades Sibak, lantaran belum ada Kades definitif.

"Kalau saja Kades terpilih tersebut sempat dilantik sebentar saja, maka bisa kita lakukan PAW Kades di Sibak. Tapi yang bersangkutan tidak bisa dilantik walau hanya sebentar, karena bertabrakan dengan aturan KPU. Solusinya Kades Sibak dijabat Pejabat Sementara dan akan dilakukan Pilkades lagi 2020 mendatang untuk menetapkan Kades Sibak definitif," terang Gianto.

Ditambahkan Kadis PMD, selain Desa Sibak, 46 desa lain yang akan melaksanakan Pilkades mayoritas semuanya telah habis masa jabatan. Ada yang sudah habis pada tahun ini, ada juga yang akan berakhir pada 2020 mendatang.

"Ada sekitar 20 desa yang bakal melaksanakan Pilkades saat ini dijabat Pjs, sisanya akan berakhir pada 2020," pungkasnya. (sam)

Tags :
Kategori :

Terkait